Hobi

Honda racik jurus baru jegal Yamaha NMax

Produk kebangaan Yamaha di Indonesia kini bukan Mio lagi. Melainkan NMax, si skutik bongsor yang hadir dengan sederet kelebihan. Penjualan NMax bahkan mengalahkan produk-produk Yamaha lain yang diproduksi di Indonesia. Wajar jika kemudian membuat Honda berupaya meracik jurus baru untuk menjegalnya.

Dalam catatan Hops, beberapa kali Honda melakukan manuver besar untuk jegal Yamaha NMax. Pertama, mulai dari melokalkan PCX 150 di Indonesia demi menekan harga jual dan bersaing dengan NMax.

Baca Juga: Kaget! Ada RX King di Tangerang laku Rp150 Juta, kondisi NOS

Upaya selanjutnya, Honda terpantau menghadirkan skutik ADV150 ke pasaran. Kendati secara segmen berbeda, tetapi jelas tembakan Honda mengarah ke mana, tak lain salah satunya untuk jegal NMax di pasaran.

Manuver ketiga, yakni baru-baru ini Astra Honda Motor merilis PCX edisi 2020 dengan pembekalan pelek emas. Langkah tersebut diharapkan dapat memuaskan rasa penasaran loyalisnya yang mengidamkan PCX tampil lebih berbeda.

“Penyegaran tampilan PCX merupakan upaya kami untuk terus memberi nilai tambah bagi pencinta big scooter premium. Model ini kaya dengan fitur fungsional untuk menunjang aktivitas sehari-hari,” ujar Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya dalam sebuah keterangan.

Rencana besar

Ketiga manuver di atas bukanlah puncak dari rencana Honda menjegal NMax di pasaran. Sebab sebenarnya ada skema yang jauh lebih besar tengah dipersiapkan Honda untuk menghadirkan PCX di tempat yang terhormat.

Seperti dikutip media otomotif Thailand, GreatBiker, Honda dilaporkan tengah menggarap PCX terbaru dengan banyak ubahan alias penyegaran. Ubahan akan berkutat pada desain yang lebih mewah, mesin baru, sampai pada fitur-fitur kekinian.

Saat ini, di atas kertas, Yamaha melalui NMax memang lebih unggul berkat pembenaman sistem katup variabel VVA yang membuat akselerasi motor ini mampu berjalan konsisten, baik di putaran menengah, bawah, hingga atas.

Untuk mengimbanginya, Honda dikabarkan bakal menggunakan mesin baru pada PCX, dan akan menambah jumlah katup dari dua menjadi empat. Volume kapasitas silinder juga bakal ditambah menjadi lebih besar, namun dengan stroke yang lebih pendek.

Baca Juga: Ambruknya raksasa GM: Setelah RI, pabrik Thailand segera tutup

Poin menarik lainnya, seorang sumber yang dekat dengan permasalahan ini mengatakan kalau All New PCX akan menggunakan rangka terbaru. Hal ini mengacu pada frame eSAF yang digunakan pada Beat dan Genio, yang membuatnya lebih ringan delapan persen dari bobot edisi lama.

Prinsip-prinsip rangka baru inilah yang kemudian akan diterapkan pada PCX terbaru. Karena bakal membuatnya lebih ringan, mudah dikendalikan, dan pastinya jauh lebih irit bahan bakar.

Adapun fitur seperti Honda HSTC atau sistem Kontrol Traksi yang digunakan di Forza 300, sangat mungkin akan dibekali pada PCX terbaru. Semua bisa saja akan mengubah peta persaingan antara PCX dan NMAX jika edisi terbarunya benar-benar hadir. Tetapi kemungkinan, PCX edisi ‘brutal’ sendiri dikabarkan baru akan masuk jalur produksi pada 2021 mendatang.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close