Otomotif

Penjualan kurang moncer, Honda Jepang nyerah pertahankan mobil ini

Risiko mempertahankan Honda Civic tetap berada di pasaran sepertinya tak bisa lagi dilakukan Honda. Penjualan Honda Civic yang tak lagi populer di pasaran, memunculkan rencana mobil tersebut akan segera di suntik mati.

Kabar ini muncul langsung dari negeri prinsipil Honda Jepang, dimana penghentian produksi akan segera dilakukan karena penjualan mobil Civic terus mengalami penurunan. Bahkan angka penjualan model honda Civic rupanya tak mampu membuat produsen Honda bisa tersenyum.

Dalam catatan penjualannya, Honda Civic sepanjang fiskal tahun lalu, Honda Civic hanya mampu terjual sebanyak 1.619 unit. Angka tersebut terbilang sangat kecil dan tidak mampu mendongkrak harapan Honda untuk bisa mempertahankan model mobil legendarisnya ini.

Honda Civic
Honda Civic Foto: Philkotse

Sebagai perbandingan, penjualan produk Honda lain seperti N-Box dari periode yang sama mampu membukukan angka penjualan sebanyak 250 ribu unit. Model tersebut bahkan diklaim menjadi mobil paling laris Honda di Jepang.

Meski Jepang sendiri merupakan pasar potensial bagi kendaraan kei car atau biasa disebut mobil dengan dimensi kecil. Namun popularitas Civic sebagai mobil global yang dipasarkan banyak negara termasuk di Indonesia, memiliki popularitas berbeda dibanding N Box.

Baca juga: Motor mirip Nmax dibanderol Rp62 juta, konsumen Indonesia beruntung

Di pasar otomotif nasional sendiri, Honda Civic juga mengalami penjualan yang kurang moncer. Nasibnya sama seperti penjualan di Jepang, sepanjang 2019 saja Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek hanya mampu menjual sekira 1.579 unit. Pencapaian tersebut bahkan dibawah penjualan Civic di Jepang.

Honda Civic
Honda Civic Foto: Honda

Honda suntik mati Civic bukan pertama

Langkah suntik mati yang dilakukan Honda pada model Civic bukan yang pertama, dimana model tersebut sempat disuntik mati hingga kembali dipasarkan untuk pasar globalnya. Pada 2010 lalu, Honda Civic juga pernah menghentikan produksi bukan lantaran dimensinya yang besar.

Lama tak melakukan penjualan, generasi terbaru Honda Civic kembali dilucurkan pada 2017 dengan model hatchback. Honda kembali melakukan peruntungan penjualannya mengingat model ini telah lama dipasarkannya.

Generasi pertama Civic hadir pada 1970 dan kini terus menjadi model yang cukup populer di pasar otomotif global. Namun kini perubahan dan desain modern terbaru Civic, membuat penjualannya tak mampu mendongkrak harapan Honda di pasar global.

Honda Civic
honda Civic Foto: Motorauthority

Pasar Honda Civic di Indonesia

Sejak diluncurkan pada 2017 Honda Civic mampu memberikan kontribusi yang tidak cukup baik. Secara total sejak meluncur hingga akhir 2019, penjualan mobil dengan desain sporti ini mencapai 5.232 unit. Sedangkan pada akhir 2019, penjualannya hanya mencapai 1.579 unit atau sebanyak 5 persen dari pangsa pasar kendaraan hathcback.

Honda sendiri tidak mengungkap informasi terkait penurunan model legendarisnya ini di pasar otomotif beberapa negara. Namun Civic meski mendapat perubahan yang sangat modern sepanjang hayatnya tetap menjadi salah satu mobil bagi pecinta kecepatan, khususnya edisi type R yang memiliki genetika racing.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close