Hobi

Bukan pesaing Yamaha Nmax, Honda luncurkan PCX hybrid mesin kecil

Generasi terbaru Honda PCX 160 baru saja meluncur, kabar terbaru produsen berlambang sayap kepak ini sudah merilis kabar terbaru untuk model skuter matik badan bongsornya yakni Honda PCX hybrid. Model terbaru ini bukan diposisikan sebagai pesaing Yamaha Nmax di pasar global.

Salah satu bukti PCX terbaru ini bukan sebagai pesaing Nmax, tentu sudah bisa ditebak dari penggunaan kapasitas mesin yang digunakan pada PCX yang lebih kecil hanya 125 cc. Namun teknologi yang disematkan sebagai pembeda yakni adanya motor listrik yang ditanamkan sebagai sumber penggerak roda selain mesin konvensionalnya.

Hadirnya Honda PCX hybrid sendiri merupakan model pelangkap skuter matik badan bongsor yang saat ini masih menjadi andalan Honda di pasar global. Langkah inilah yang dilakukan Honda untuk memangkas persaingannya dengan Yamaha di kelas skuter matik badan bongsor.

Honda PCX 160
Honda PCX 160 Foto: Honda Japan

Honda pasarkan PCX di negeri ini

Honda PCX hybrid akan menjadi model yang siap dipasarkan di negeri Gajah putih atau Thailand yang dikirim dalam bentuk CBU dari Jepang. Salah satu strategi yang dilakukan Honda meluncurkan PCX versi hybrid di negeri ini bukan tanpa alasan.

Penjualan yang cukup baik di negara ini, memungkinkan Honda PCX hybrid lebih dulu di jual sebagai negara kedua setelah Jepang. Tujuan lainnya juga dilakukan untuk memposisikan PCX di pasar skuter matik premium tanpa pesaing dengan keunggulan hybrid yang ditanamkannya.

Pertimbangan itulah yang membuat PCX hybrid dijadikan pelengkap model meski peluncuran PCX 160 baru saja dilakukan Honda di negara ini.

Honda PCX hybrid
Honda PCX hybrid Foto: Astra motor

Perbedaan PCX hybrid dengan model konvensional

Teknologi hybrid yang ditanamkan pada skuter matik PCX, ternyata tidak banyak memiliki ubahan. Honda tetap mempertahankan model dan desan dari model konvensionalnya saja. Hanya terdapat beberapa emblem berwarna biru yang membedakan antara PCX konvensional dan PCX hybrid.

Untuk desainnya sendiri masih sama dengan generasi terbaru PCX konvensional. Hal ini, kuat diperkirakan untuk meminimalisir biaya pengembangan yang dilakukan Honda dalam memasarkan model hybridnya.

Harga PCX hybrid

Di negeri gajah putih, skuter matik ramah lingkungan satu ini dibanderol dengan harga mencapai USD3430 atau setara dengan Rp48 juta. Harga tersebut jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan PCX hybrid model lama yang sudah dipasarkan di tanah air seharga Rp43 juta-an.demikian seperti dikutip rideapart Rabu 13 Januari 2021.

Honda PCX hybrid
Honda PCX ramah lingkungan Foto: Doc Honda

Honda PCX hybrid Indonesia

Di pasar sepeda motor nasional, Honda PCX dilengkapi dengan kapasitas mesin yang lebih besar yakni 150 Cc dibanding model terbaru yang dipasarkan di Thailand. Motor tersebut dibekali dengan mesin 1 silinder yang menghasilkan tenaga mencapai 14,48 hp pada 8.500 rpm dengan torsi sebesar 13,2 Nm di 6500 rpm.

Fitur canggih yang tersemat diantaranya rem ABS, pass switch and drive, sport, idling riding modes. konsol meliputi Digital Odometer, Digital Fuel Gauge, Digital Speedometer, Oil Change Indicator and Display Screen. Bagaimana otohopers, menarik bukan model terbaru PCX yang sudah dipasarkan di Thailand meski kapasitas mesinnya kecil dibanding model yang ada di Indonesia.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close