Hobi

Aneh, Honda patenkan super cab tanpa mesin diklaim motor masa depan

Produsen Honda baru saja mendapatkan hak paten atas pengajuan model motor terbaru hasil pengembangannya. Dari gambar paten yang terkuak, motor yang kuat diperkirakan sebagai super cab tersebut diketahui tidak memiliki mesin namun diklaim motor masa depan.

Dalam gambar juga, hanya terlihat sebuah kotak solid dan tidak memperlihatkan bentuk mesin pada umumnya, bahkan mesin seperti yang digunakan pada model super cab ini. Model terbaru motor klasik modern ini dipersiapkan sebagai tunggangan masa depan.

Dari spesifikasi yang diajukan dalam paten, belakanngan baru diketahui, kotak yang terdapat di kompartemen mesin pada sepeda motor konvensional merupakan baterai yang dijaikan sumber tenaga dari penggerak super cab.

Gammbar paten Honda Super cab listrik
Gammbar paten Honda Super cab listrik Foto: Rideapart

Honda sepertinya membuat generasi terbaru super cab menggunakan motor listrik yang dibekali sumber tenaga menggunakan baterai. Motor ramah lingkungan ini akan menjadi tunggangan masa depan yang ramah lingkungan.

Sistem teknologi motor listrik yang digunakan supercab, seperti dilansir Rideapart, akan menggunakan pola swap. Dimana baterai motor yang telah habis bisa di isi ulang tenaganya maupun ditukar dengan yang telah penuh di beberapa titik penyedia baterai.

Baca juga: Salah kaprah beli mobil over kredit hanguskan asuransi, asal lakukan ini

Pola swap tersebut, akan memudahkan pemilik sepeda motor untuk tetap mendapatkan pasokan energi tanpa harus menunggu lama untuk mengisi tenaga baterai. Sehingga saat baterai habis, bisa ditukar denganĀ  cara membeli baterai yang telah diisi penuh.

komponen baterai Honda Super cab listrik
komponen baterai Honda Super cab listrik Foto: Rideapart

Sayangnya tidak ada keterangan resmi terkait tenaga yang dihasilkan motor listrik yang digunakan pada super cab. Mengingat model super cab tersebut masih dalam tahap pengajuan paten, yang belum masuk pada spesifikasi detil layaknya model yang akan diproduksi massal.

Honda juga masih belum mengungkap apakah model motor listrik klasiknya ini akan masuk dalam jalur produksi massal atau tidak. Karena seluruh produsen biasanya melakukan pengajuan paten sebagai langkah pengembangan model dari trend teknologi atau penyesuaian pemenuhan kebutuhan pasar.

Honda Supercab listrik sendiri, sudah pernah diperkenalkan pada 2015 lalu, sebagai kendaraan konsep bertenaga listrik, dan baru saja keluar paten yang telah diajukannya tersebut. Motor listrik tersebut dipamerkan sebagai langkah kesiapan produsen motor jepang menghadapi pasar motor listrik masa depan.

Bagian komponen Honda Super cab listrik
Bagian komponen Honda Super cab listrik Foto: Rideapart

Motor listrik Honda dengan desain super cab ini, nantinya tidak akan memiliki nama dagang sebagai super cab. Honda telah menyiapkan nama untuk motor model klasik bertenaga listrik dengan nama Benly “Benl-E”.

Sebelumnya motor Honda super cab bertenaga listrik juga sudah dikembangkan pada 2018 dengan nama e-Cubs. Namun pengembangan dilakukan tuner modifikasi yang memajang karyanya di pameran Shanghai Customs.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close