Miss World Malaysia minta maaf soal klaim batik: Aku sadar batik berasal dari Jawa...

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:44 WIB
Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021. Foto: Instagram
Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021. Foto: Instagram


Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji, ramai menuai protes keras, khususnya dari warganet asal Indonesia. Pasalnya, Lavanya bicara soal batik dan maknanya bagi orang Malaysia. Menanggapi hal ini, banyak warganet yang menegur Lavanya dan memperingatkan bahwa batik berasal dari Indonesia.





"Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," tulis Lavanya Sivaji.





Ramainya protes di Instagram akhirnya membuat Lavanya buka suara. Lewat unggahan terbarunya, Lavanya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. Ia mengaku sadar bahwa batik berasal dari Jawa. Namun, Lavanya menyebut ada pula negara-negara lain yang juga punya tradisi serupa batik.





-
Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021. Foto: Instagram




"Halo semuanya! Kepada para pecinta kontes kecantikan yang aku sayangi di Indonesia. Aku harap kalian semua dalam kondisi sehat. Pertama-tama, aku ingin meminta maaf jika aku menyinggung kalian dalam unggahan ini. Aku sadar bahwa Batik berasal dari Jawa, begitupun dengan desain dan sejarahnya. Namun, ada pula negara lain yang juga mempraktikkan elemen kultur serupa, seperti Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motif mereka masing-masing," tulisnya dilansir Hops pada Jumat (22/10/21).





Di akhir kalimatnya, Lavanya mengaku bangga menggunakan batik terlepas dari negara mana motif tersebut berasal. Ia juga berterima kasih kepada warganet yang sudah menegurnya terkait hal ini.

Halaman:

Editor: Nariyati - Hops.ID

Tags

Terkini