Uang donasi buat rumah Gala terancam disita negara? Kemensos: Ada sanksi pidana

- Jumat, 7 Januari 2022 | 16:42 WIB
Gala, Haji Faisal, dan Dewi foto: Istimewa
Gala, Haji Faisal, dan Dewi foto: Istimewa

Hops.ID - Donasi untuk rumah Gala Sky yang diprakarsai Marissya Icha berbuntut panjang. Pasalnya, Doddy Sudrajat melaporkan hal tersebut ke Kementerian Sosial RI. 

Sutisna Dayat selaku Kasubdit Kemensos menyebut ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan dalam aksi Pengumpulan Uang dan Barang (PUB). Beberapa kewajiban tersebut di antaranya, mengurus izin, melaporkan nominal donasi, hingga peruntukkan dana donasi. 

"Ada kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh penyelenggara PUB. Pertama, dia harus mengurus izin dengan persyaratan-persyaratan. Kemudian dia juga harus melaporkan berapa dana yang terkumpul. Kemudian, diperuntukkan ke mana penyalurannya dan waktu pengumpulan dibatasi 3 bulan," kata Sutisna Dayat dilansir dari Cumicumi pada Jumat, (7/1/22). 

Baca Juga: Muncul demo tolak eksploitasi Gala Sky, begini kesimpulan dari Komnas Perlindungan Anak

Selain itu, ada pula beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi pihak penyelenggara PUB. Salah satunya rekening harus atas nama organisasi sosial, bukanlah pribadi. 

"Jadi dalam Kementerian Sosial, waktu pengumpulan 3 bulan, habis itu penyaluran. Setelah penyaluran, maka dia wajib melaporkan kepada kita. Rekening juga harus atas nama organisasi kemasyarakatan, tidak boleh pribadi."

Jika ditemukan pelanggaran, Sutisna menyebut adanya sanksi pidana, bahkan uang yang terkumpul terancam akan disita negara. 

"Terus bagaimana kalau tidak berizin? Di dalam UU No.9, ada sanksi pidana. Bahkan kalau di Undang-Undang dikatakan uang atau barang PUB tanpa izin bisa disita oleh negara."

Baca Juga: Sudah ditetapkan tersangka, Medina Zein laporkan balik Marissya Icha gegara hal ini

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: YouTube @Cumicumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini