Gus Miftah kritik aksi tendang sesajen: Kalau dakwah Wali Songo sekasar itu, Islam mungkin...

- Senin, 10 Januari 2022 | 15:46 WIB
Gus Miftah sayangkan aksi pria menendang sesajen. (Foto: Instagram)
Gus Miftah sayangkan aksi pria menendang sesajen. (Foto: Instagram)

Hops.ID – Aksi seseorang yang membuang dan menendang sesajen di Gunung Semeru membuat publik gerah, termasuk Gus Miftah. Kejadian yang kemudian viral itu dikhawatirkan bisa mengganggu kehidupan warga Lumajang yang damai dan saling berdampingan antar budaya dan agama.

Dalam unggahan video pria tendang sesajen yang beredar, terekam aksinya membuang sesajen. "Ini yang membuat murka Allah ya, jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah hingga Allah menurunkan azabnya," kata dia.

Komentar Gus Miftah

Dalam unggahannya di Instagram, 9 Januari 2022, Gus Miftah mengunggah video pria tendang sesajen dengan disertai keterangan menohok. “Yg membuat murka Tuhan itu manusia macam kalian! Bejat tak bermoral cuma binatang yang tidak memiliki moral. yang kalian lakukan itu sama aja dengan menghina seluruh budaya Indonesia. Indonesia punya beragam adat budaya karena Indo tidak hanya memiliki satu agama.”

Komentar Alissa Wahid terhadap Aksi pria tendang sesajen di Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Dilaporkan Medina Zein dengan tudingan penganiayaan, Marissya Icha santai: Dia yang memaki dan coba sentuh

Di caption, Gus Miftah mengingatkan kalau di setiap daerah terdapat adat dan budaya yang berbeda sehingga bagaimanapun harus dihargai. “Desa mawa cara, negara mawa tata".Setiap daerah memiliki adat istiadat atau aturan yang berbeda.”

Maka dari itu, janganlah seseorang merasa lebih benar dibandingkan yang lain. Sebab hal itu nantinya hanya akan merugikan diri sendiri. “Aja kuminter mundak keblinger, aja cidra mundak cilaka". Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka.”

Bukan budaya yang harus diubah

Gus Miftah mengingatkan, kalau budaya tidak perlu diubah. Melainkan, cara berpikir orang yang melihatnya. “Note: yang perlu dirubah itu otak dan cara pandangnya bukan budayanya.”

Baca Juga: Ngaku sayang, Antonio Blanco Jr ungkap alasan nggak pacari Callista Arum

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini