Biasa open minded, Gus Miftah bilang gini soal wasiat Dorce Gamalama ingin dimakamkan sebagai wanita

- Kamis, 27 Januari 2022 | 16:38 WIB
Gus Miftah tanggapi permintan Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan sebagai perempuan.  (Foto: Instagram @gusmiftah)
Gus Miftah tanggapi permintan Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan sebagai perempuan. (Foto: Instagram @gusmiftah)

Hops.Id – Artis senior Dorce Gamalama saat ini tengah menjalani proses penyembuhan. Beberapa waktu lalu, saat mantan presenter terkenal itu sakit, dirinya menyatakan telah mempersiapkan kematiannya.

Ia berpesan jika kelak saat meninggal dunia, dirinya ingin dimakamkan sebagai perempuan. Menanggapi hal tersebut, penceramah Gus Miftah menyatakan sampai saat ini terus mendoakan agar Bunda Dorce, panggilan Dorce Gamalama, segera diberi kesembuhan.

 ”Pertama saya mendoakan Bunda Dorce sembuh, kondisinya membaik, dan kembali beraktivitas,” katanya dikutip Hops.Id dari kanal YouTube OFFICIAL NITNOT pada Kamis, 27 Januari 2022.

Wasiat Dorce Gamalama saat meninggal kelak

Pimpinan Ponpes Ora Aji itu mengaku juga telah mendengar bahwa Bunda Dorce yang pernah dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) itu berpesan kepada para ahli warisnya, salah satunya untuk tidak perlu diadakan selamatan 40 hari, dan untuk memakamkannya secara perempuan.

Baca Juga: Cantiknya Cyndyana Lorens pakai hijab, adik Kriss Hatta yang jadi mualaf

“Kemudian saya dengar ada beberapa wasiat, ya kayaknya ya dari beliau, itu salah satu yang saya dengar itu enggak usah ada upacara doa tahlil 40 hari . Terus kemudian, yang kedua soal dia minta untuk dimakamkan secara perempuan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut penceramah asal Yogyakarta itu menyatakan jika dirinya akan mencoba menelaahnya secara hukum Islam.

“Jadi begini, kita lihat dulu status transgender dalam Islam. Jadi, ini memang sangat kontroversi ya, artinya persoalan transgender ini menjadi diskusi yang tidak pernah ada ending-nya, terusss ada diskusi itu,” jelasnya.

Gus Miftah akan kaji lebih dalam

“Jadi yang pertama, dalam Surat Al Hujurat itu, Allah menciptakan kelamin itu cuma ada dua, jadi jenis laki-laki dan perempuan. Kemudian dalam fiqh itu ada  jenis kelamin yang ketiga namanya, Khunsa,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini