Wujudkan solidaritas terhadap Palestina dan wartawan Al Jazeera, ribuan warga London turun ke jalan

- Minggu, 15 Mei 2022 | 06:59 WIB
Warga London turun ke jalan bentuk solidaritas terhadap Palestina dan wartawan Al Jazeera. (Foto Al Jazeera)
Warga London turun ke jalan bentuk solidaritas terhadap Palestina dan wartawan Al Jazeera. (Foto Al Jazeera)

Hops.ID - Ribuan warga London melakukan aksi turun ke jalan sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina dan wartawan Al Jazeera Shireen Abu Akleh, yang dibunuh pasukan Israel pada hari Rabu kemarin.

Aksi ini dilakukan sehari sebelum peringatan Hari Nakba (Hari Bencana), yang diketahui sebagai hari dimana terjadinya pembersihan etnis kota-kota Palestina oleh paramiliter Zionis pada tahun 1948.

Saat itu, lebih dari 700.000 orang Palestina diusir secara paksa dari tanah air mereka pada tahun 1948, bersamaan dengan tahun berdirinya negara Israel.

Baca Juga: Ilmuwan minta waspada, perubahan iklim bisa picu wabah mematikan baru di bumi

Salah seorang peserta aksi ini, mengungkapkan pandangannya atas Palestina dan pembunuhan wartawan senior Al Jazeera, Shireen Abu Akleh, yang dilakukan pasukan Israel.

“Saya bertemu Shireen sekitar 12 tahun yang lalu di Ramallah dan dia adalah orang yang menyenangkan… Dia sangat berpengetahuan,” ungkap Kamel Hawwash, ketua kampanye solidaritas Palestina, dilansir Hops.ID dari Al Jazeera, Minggu 15 Mei 2022.

"Sedih sekali ketika melihat rekaman pembunuhannya yang luar biasa kejam. Apalagi ketika pasukan keamanan Israel menyerang pemakamannya, bahkan hampir menjatuhkan peti matinya ke tanah," katanya lagi.

Baca Juga: Palestina tegas menolak keterlibatan Israel dalam penyelidikan kasus pembunuhan wartawan Shireen Abu Akleh

Seperti diketahui, Abu Akleh, 51, yang bekerja untuk saluran televisi Arab Al Jazeera, terkena tembakan peluru Israel. Menurut saksi mata, hal itu terjadi saat dia meliput serangan militer Israel di kota Jenin di Tepi Barat.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini