Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat bakal gelar demonstrasi besar-besaran besok, apa tuntutannya?

- Jumat, 20 Mei 2022 | 18:26 WIB
Rizal Ramli terus kompori atau serukan agar mahasiswa gelar aksi demo 11 April 2022 untuk bebaskan rakyat dari penderitaan, Pikiran Rakyat
Rizal Ramli terus kompori atau serukan agar mahasiswa gelar aksi demo 11 April 2022 untuk bebaskan rakyat dari penderitaan, Pikiran Rakyat

Hops.ID - Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat atau Gebrak, bakal menggelar aksi demonstrasi besar-besaran di Jakarta pada Sabtu, 21 Mei 2022. Mereka mengatakan, aksi tersebut sekaligus memperingati momentum reformasi. 

"Pada 21 Mei bertepatan dengan momentum reformasi. Jadi, hari ini sesuai kesepakatan kita, kita akan mengakhiri aksi kita, kita menutup aksi kita," kata salah satu perwakilan massa Gebrak, dilansir Hops.ID dari laman Suara, Jumat 20 Mei 2022.

Tepat sebulan yang lalu, massa Gebrak aksi demonstrasi berjanji akan menggelar konsolidasi besar untuk mempersiapkan aksi kembali besok, 21 Mei 2022. 

Baca Juga: Tegas, pimpinan Partai Buruh Inggris kecam perang Rusia dan Ukraina: Dunia makin mengerikan dan suram

"Kita akan melakukan konsolidasi lebih besar untuk tanggal 21 Mei. Siapkan kekuatan kita, sosialisasikan ke kampus-kampus, ke pabrik-pabrik, ke kampung-kampung bahwa rakyat akan terus berjuang, rakyat akan terus bergerak," katanya lagi.  

Juru Bicara GEBRAK, Nining Elitos mengatakan, pihaknya bersama sejumlah organisasi serikat pekerja, pelajar, dan mahasiswa akan menyampaikan 14 tuntutan.

Utamanya soal pembahasan revisi UU Pembetukan Peraturan Perundang-undangan atau P3 yang dianggap bagian kelicikan untuk mengakali UU Omnibus Law Cipta Kerja. 

Baca Juga: Hari Buruh Internasional 2022: Partai Buruh usulkan Marsinah jadi Pahlawan Nasional

“Kami menyerukan kepada seluruh elemen rakyat, mari kita terus bersama-sama berjuang, bersolidaritas dan membangun persatuan gerakan rakyat dalam melakukan perlawanan terhadap kekuasaan yang semakin zalim,” kata Nining Elitos.

Aksi demonstrasi besar-besaran kali ini akan dilakukan oleh aliansi gerakan multisektoral; dari berbagai macam organisasi, yakni KASBI, Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Sentral Gerakan Buruh Nasional (SGBN), dan Konfederasi Serikat Nasional (KSN).

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini