Terdesak butuh Rp300 juta, Ustaz Khalid Basalamah lakukan ini auto dapat 2 kali lipat: Tak masuk akal tapi..

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:28 WIB
Perkataan Ustaz Khalid Basalamah tentang umat Kristen sembah patung dikritisi Abu Janda dan Pendeta Gilbert. (Foto:  YouTube Khalid Basalamah Official)
Perkataan Ustaz Khalid Basalamah tentang umat Kristen sembah patung dikritisi Abu Janda dan Pendeta Gilbert. (Foto: YouTube Khalid Basalamah Official)

Hops.ID - Siapa yang tak kenal Ustaz Khalid Basalamah, salah satu ustaz dengan subscriber terbanyak di YouTube (870 ribu) orang ini kerap membagikan ceramah tegas mengenai hukum Islam yang ada di keseharian.

Baru-baru ini kembali viral di media sosial potongan video yang menceritakan tentang pengalaman Ustaz Khalid Basalamah saat mengalami kesulitan ekonomi.

Potongan video yang diunggah akun Youtube MuslimClips pada 2 Oktober 2021 ini menggambarkan Ustaz Khalid Basalamah yang menceritakan pengalamannya saat mengalami kesulitan ekonomi.

Baca Juga: Manager pribadi ungkap Gaji Raffi Ahmad bisa beli sekomplek rumah di kawasan elite

Ia mengungkitnya saat membahas mengenai bagaimana sebaiknya sikap seoranag muslim saat mengahadapi kesulitan ekonomi.

"Jika bersabar, Allah akan bukakan rezeki. Pengalaman saya pribadi cukup banyak bukti-bukti Allah saat saya lagi terdesak dari sisi ekonomi," ujarnya dilansir dari laman Youtube Muslim Clips, Kamis 11 Agustus 2022.

Ia mengaku saat itu mendapatkan godaan dari berbagai pinjaman online, bank dan jasa peminjaman uang yang sarat bunga dan riba.

"Godaan luar biasa, ada pinjaman berbunga dari pinjol, bank, dan macam-macam, tapi tetap saya komitmen, saya tolak," ujarnya.

Baca Juga: Terungkap! Kelakuan Thariq Halilintar hingga buat Fuji naik pitam: Ternyata sudah ratusan cewek kamu gituin

Ustaz Khalid Basalamah menceritakan awal mula dirinya mengalami kesulitan ekonomi lantaran usahanya yang tidak memberikan keuntungan.

"Restoran saya buka 2 tahun 8 bulan, namun antara omzet dan biaya sewa, service casnya di mall tidak cukup atau tidak berimbang," katanya.

Hampir 3 tahun ia tidak mendapat keuntungan dan berpikir untuk menutup atau menjual restorannya. Apalagi di tengah dakwah yang belakangan kian padat sehingga ia tak kuasa untuk mengelola sendiri restorannya.

"3 Bulan vakum, saya satu rupiahpun nggak punya duit, waktu itu saya bingung bagaimana caranya untuk mencari jalan keluar."

Baca Juga: Terkenal sok ganteng dan sok oke, Ranty Maria bongkar sifat buruk anak sulung Venna Melinda, Verrell Bramasta

Ingin hati menjual restoran namaun ia berpikir tentu akan dilelang dengan harga murah karena belum bayar sewa.

"Kalau dipindahkan juga butuh uang dan lokasi baru karena sudah cukup besar asetnya (alat masak hingga meja kursi). Tidak dibongkar juga pasti akan dibongkar paksa," katanya.

Kala itu diakuinya SMS dan WA terus masuk dari banyak perbankan pinjaman dengan riba. Namun ia melakukan amalan untuk tetap istikomah dan berusaha menahan godaan sambil terus berdoa.

"Sampai titik klimaks saya pertahankan, Allah berikan jalan keluar yang tidak masuk akal. Betul-betul tak masuk di benak saya."

Tiba-tiba di masjid tempat ia biasa ceramah kedatangan salah satu jemaah orang Indonesia yang tinggal di Paris.

Baca Juga: Resmi cerai, Nathalie Holscher berhak atas 3 aset pemberian Sule ini

"Dia sering mengikuti pengajian saya dan ceramah yang diupload di Paris. Setiap saya punya program sosial dia selalu ikut dan menitipkan uangnya."

Tanpa diduga selesai pengajian pria itu mendatangi Ustaz Khalid dan memperkenalkan diri.

"Kami salaman dan ngobrol sampai ke mobil saya kasih dia mobil. Sebelum berpisah dia menanyakan tentang restoran saya, 'saya mau ajak teman makan ke restoran ustaz tapi kok sudah 3 kali saya ke sana tutup terus'," ujarnya menirukan percakapan kala itu.

Akhirnya ia menceritakan dengan singkat masalah keuangan yang dihadapi.

"Dia bertanya berapa biayanya, saya jawab apa adanya, saya butuh 300 juta untuk memutar kembali restoran ini. Rencananya memang saya mau bagi saham jika memang ada yang masuk. Tiba-tiba saat berpisah dia mengutarakan keinginannya untuk membeli saham restoran saya."

Awalnya, Ustaz Khalid tidak percaya dengan perkataan pria itu, namun malamnya si jemaah dermawan itu yakin ingin membeli saham restoran.  

"Besoknya ia membuktikan perkataannya. Alhamdulillah kami dapat sewa ruko baru, dan dengan iizin Allah restoran itu selamat. Bahkan setelah saaya tawarkan investor ini bersedia untuk membeli 30 persen saham dengan nomonal 650 juta."

Baca Juga: Manager pribadi ungkap Gaji Raffi Ahmad bisa beli sekomplek rumah di kawasan elite

"Saya melihat dari masalah ini, sabarin aja, nikmatin prosesnya. Semua tawaran riba tolak saja. Jangan pernah mau. Dengan izin Allah akan ada jalan. Yang tadinya saya nggak punya duit satu rupiahpun, tiba-tiba ada yang transfer 650 juta tidak masuk akal."

Berkaca dari kasus ini Ustaz Khalid Basalamah ingin mengajak jemaahnya untuk bertawakal.

"Saya melihat Allah memberikan jalan keluar yang sangat dimudahkan, yang penting yakin kepada Allah dan nikmati prosesnya."

"Jangan takut, kisah seperti ini banyak di hidup saya dan tidak bisa saya ceritakan. InsyaAllah ini hanya masalah kekhawatiran saja," tutupnya.***

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Youtube MuslimClips

Tags

Artikel Terkait

Terkini