Alami baby blues dan sering menangis saat malam, Ria Ricis: Maafin Ibu nak…

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:17 WIB
Ria Ricis, Tengku Ryan, dan Baby R, foto: Instagram
Ria Ricis, Tengku Ryan, dan Baby R, foto: Instagram

Hops.ID - Ria Ricis, youtuber kenamaan Indonesia, baru-baru ini mengungkapkan fakta mengejutkan tentang dirinya dan baby Moana. 
 
Dalam vlog terbarunya, Selasa, 15 Agustus 2022, Ria Ricis bercerita bahwa ia mengalami baby blues, yaitu sindrom yang biasanya dialami oleh ibu pasca melahirkan.
 
Pada awalnya Ria Ricis tidak mengetahui bahwa ia mengalami baby blues. Pada tengah malam saat terbangun untuk menyusui Moana, ia sering menangis, bertanya-tanya dan menyalahkan dirinya mengapa berat Moana kecil.
 
 
Memang ada juga yang mengatakan bahwa berat badan Moana normal untuk bayi seusianya, namun Ricis merasa Moana sangat kecil jika dibandingkan dengan bayi-bayi lainnya. 
 
Ricis bahkan pernah berada pada satu titik dimana ia 'kesal' dan 'memaksa' Moana untuk terus minum ASI, sampai Moana gumoh. 
 
"Suami aku nggak tahu. Suami aku tidur. Itu biasa terjadi dini hari. Dini hari aku kebangun, anakku kebangun minta nyusu, kita kebangun berdua, disitu titik dimana, ayo minum..ayo minum..aku gituin," ungkap Ricis, dikutip Hops.
 
 
"Terus, kalo Moana kan nyusu nyedot, berhenti, nyedot, berhenti, gitu lho. Ngak yang nyedoot mulu. Dia ada napasnya dulu lah istilahnya gitu."
 
"Jadi aku tuh sampe dititik kenapa berhenti, kenapa berhenti, ayo terus, oyo terus, gitu. Pernah dititik sampai Moana itu gumoh," kisahnya, sambil menahan tangis.
 
Tetapi akhirnya Ricis mampu melewati semuanya berkat support dari keluarga dan teman-temannya.
 
 
Penting untuk merasa bahwa ia harus berdamai dengan diri sendiri, berhenti menyalahkan diri karena melahirkan Moana dengan berat badan yang kecil. Bersyukur bahwa Moana normal, dan sempurna. 
 
Dalam satu fase, Ricis bercerita, "Aku pernah bisikin ke telinga Moana. Moana Ibu minta maaf, Moana harus lahir dari ibu yang kecil, dari gen yang kecil." 
 
"Ibu minta maaf kemarin sempat nyusuin secara paksa. Maaf Moana, Ibu sempat ngomel waktu Moana gumoh, padahal Ibu tahu kamu udah kenyang banget, aku bilang gitu."
 
 
Seiring berjalannya waktu, dan sharing dengan lebih banyak orang, Ricis mengaku kini sudah bisa menerima semuanya. 
 
Ia sudah 'tutup buku' perihal berat badan Moana yang kecil, dan berdamai dengan diri sendiri, meski berat pada awalnya.
 
Sempat tidak terima karena Moana kecil, kini Ricis pada akhirnya ia menyadari, dan bisa menerima bahwa itu adalah sesuatu yang normal.***
 

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Instagram @riaricis1795

Tags

Artikel Terkait

Terkini