Terkuak! Ini guru di balik suara emas Farel Prayoga

- Jumat, 2 September 2022 | 19:19 WIB
Farel Prayoga (Aneka Safari Records)
Farel Prayoga (Aneka Safari Records)
 
Hops.ID - Nama Farel Prayoga tiada hentinya jadi perbincangan publik setelah sukses membuat Istana Merdeka berdendang dengan lagu Ojo Dibandingke pada 17 Agustus lalu.
 
Lagu hasil tangan dingin Abah Lala yang telah ditonton sebanyak 32 juta kali di kanal YouTube One Nada Record tersebut berhasil memperkenalkan Farel Prayoga dan suara emasnya ke banyak telinga masyarakat Indonesia. 
 
Bocah berusia 12 tahun tersebut lantas dibanjiri tawaran manggung dari banyak daerah. Bahkan belum lama ini terlihat Farel Prayoga duduk di bangku pesawat pribadi dengan mengenakan seragam SD usai manggung di luar daerah.
 
 
Di balik gemerlap popularitas serta puja puji yang ia raih, Farel menceritakan sosok berjasa di balik kepiawaiannya dalam bernyanyi.
 
Hal itu diungkapkan Farel saat berbicang dengan pada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melalui kanal YouTube Ganjar yang diunggah pada Rabu, 31 Agustus 2022 lalu.  
 
“Eh bapak sama ibumu siapa yang lebih pinter nyanyi?” tanya Ganjar Pranowo kepada Farel Prayoga.
 
 
Farel yang duduk ditemani oleh ayah dan ibunya dengan malu-malu menjawab bahwa sang ayah lah yang pintar bernyanyi.
 
Dalam sesi obrolan santai tersebut, Farel menjelaskan bahwa sang ayah, Joko Suyono, menyukai lagu-lagu berbahasa Jawa seperti Nyidam Sari. 
 
Farel juga mengaku kerap mengenang masa-masa saat dia dan sang ayah ngamen bersama sembari berkeliling membawa sound system, mengumpulkan rupiah demi rupiah.
 
 
Ganjar Pranowo kemudian bertanya tentang siapa yang mengajari Farel bernyanyi hingga bisa seprofesional sekarang.
 
“Kulo sendiri (saya sendiri), terus diasah sama bapak,” jawab Farel. 
 
Rupanya bakat bernyanyi bocah asal Banyuwangi tersebut sudah melekat padanya sejak masih kecil. Sehingga sang ayah yang melihat potensi Farel kemudian mengasah bakat bernyanyinya hingga bisa seperti sekarang. 
 
Dengan bakat yang besar dan nama yang sudah melambung, tidak disangka bahwa cita-cita yang ingin ia gapai ialah menjadi seorang pilot.
 
 
“Ben iso mumbul (biar bisa terbang),” jawab Farel saat ditanya alasannya ingin menjadi pilot, disambut gelak tawa dari penonton sekitar.
 
Ganjar kembali bertanya mata pelajaran apa yang Farel sukai, dengan singkat Farel menjawab tidak ada. 
 
“Eh jadi pilot tu harus pinter matematika lho, diitung itu terbang, nanti kalo mendarat berapa derajat,” tukas sang gubernur dengan nada bergurau. ***
 
Laporan: Riska Triatama

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Youtube Ganjar Pranowo

Tags

Terkini