Trending

ILC edisi HRS batal tayang, Bang Karni: Habib Rizieq luar biasa, ini bukan masalah berita lagi tapi…

Beberapa kali edisi Indonesia Lawyers Club (ILC) tvOne tidak tayang. Yang terakhir soal edisi kepulangan Habib Rizieq Syihab, ILC batal tayang padahal semua pembicara sudah siap. Berkaitan dengan hal ini, Presiden ILC, Bang Karni Ilyas buka suara.

Karni Ilyas berdalih edisi ILC soal kepulangan Habib Rizieq nggak tayang sudah dia jawab di Twitter. Jadi tiap kali edisi ILC tidak tayang, Bang Karni akan mengungkapkan di Twitter dengan jawaban sama: ‘tidak semua yang saya tahu bisa saya katakan, tidak semua yang saya alami bisa saya ceritakan’. Nah jawaban itu juga disampaikan Bang Karni soal batalnya edisi ILC kepulangan Habib Rizieq.

Baca juga: Asal usul Hotman Paris disebut Gus Hotman, kaitannya sama Habib Rizieq

Bang Karni soal Habib Rizieq, khawatir kerumunan

Habib Rizieq Syihab menyapa di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Habib Rizieq Syihab menyapa massa pendukung di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Foto Front TV via Instagram @habibrizieq_id

Bang Karni mengungkapkan aslinya bisa saja ILC menghadirkan Habib Rizieq untuk datang berbicara. Namun dalihnya, masalahnya bukan soal sosok Imam Besar Front Pembela Islam itu.

Wartawan senior itu mengungkapkan, pada masa pandemi ini, sangat riskan mengundang tokoh yang bakal mendatangkan massa dalam jumlah luar biasa. Bang Karni menegaskan, hal itulah yang membuat ILC pikir-pikir untuk undang Habib Rizieq ke lokasi ILC.

“Ini bukan masalah beritanya lagi, tapi masalah kumpul-kumpulnya ini yang dipersoalkan nanti,” ujar Bang Karni dalam siaran kanal Youtube Deddy Corbuzier, dikutip Kamis 19 November 2020.

Sebagai sebuah tayangan talk show dan produk jurnalistik, Bang Karni mengatakan jika tidak ada risiko protokol kesehatan itu, ILC pasti dan mau banget mendatangkan Habib Rizieq.

Bang Karni mengatakan, kalaupun bisa mendatangkan Habib Rizieq untuk hadir di ILC, dia mengaku tidak takut. Cuma problemnya, Presiden ILC itu khawatir kerumumanan bakal terjadi di mana ada tokoh sentral FPI itu berasa. Tahu sendiri kan bagaimana euforia sambutan Habib Rizieq dari kedatangan di Bandara Soekarno Hatta sampai acara berhari-hari setelahnya.

“Kalau dia datang sendiri (nggak masalah). Kalau tiba-tiba massanya datang, nanti (kena) yang ngadain acara siapa?” ujar Bang Karni.

Habib Rizieq luar biasa

Habib Rizieq Syihab menyapa massa pendukung di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta
Habib Rizieq Syihab menyapa massa pendukung di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. Foto Antara/Muhammad Iqbal

Bang Karni mengakui fenomana penyambutan Habib Rizieq sesuatu yang menarik. Wajar Imam Besar FPI itu disambut heboh di mana-mana.

“Iya karena ada yang luar biasa, yang nyambut dia luar biasa sekali. Jadi semua yang luar biasa kan menarik perhatian orang, sehingga jadi berita jadi pembicaraan,” jelasnya kepada Deddy.

Bang Karni mengatakan narasumber berhak menolak hadir di acara ILC, meskipun sang narasumber itu adalah pelaku dari sebuah peristiwa.

“Dia bisa (berhak) nggak datang, kita nggak bisa paksa dia datang. Tapi ya pemirsa tetap jalan, (maunya) undang Habib Rizieq Syihab dong,” ujar Bang Karni.

Pekan lalu, ILC tvOne edisi Habib Rizieq pulang batal tayang. Beberapa orang menyesalkan, termasuk politikus Partai Gerindra, Fadli Zon. Dia geram dan menduga ada tangan gaib yang memaksa ILC batal tayang lagi. Pengamat politik, Rocky Gerung juga menyesalkan kenapa ILC edisi Habib Rizieq sampai batal.

Rocky Gerung mengaku nggak heran dengan segala upaya Istana untuk membungkam suara kritis. Makanya dia nggak kaget tuh dengan tayalangan ILC tvOne dibatalkan

“Tadi malam saya tak kaget dengar ILC dibatalkan. Itu sama dengan 212. Jadi hak publik untuk tahu siapa yang tiba di bandara nggak mau diberitakan, itu kan konyol,” ujar Rocky dalam perbincangan dengan Hersubeno Arief dalam kanal Youtube Rocky Gerung Official dikutip Rabu 11 November 2020.

Rocky menyebut konyol, sebab kemarin perhatian publik seharian adalah kedatangan Habib Rizieq. Topik pulangnya Habib Rizieq jadi perbincangan nyaris semua percakapan grup WhatsApp dan warganet. Untuk itu, kok tiba-tiba ILC batal tayang, ya wajar itu konyol.

“Jadi sia-sialah kalau Istana kalau ingin kumpulkan energi terakhir mereka ingin membelah oposisi,” tutur Rocky.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close