Trending

Kenapa ILC libur saat Pilpres dan Pilkada DKI? Ada yang tak bisa dihindari

Penyelenggara program populer Indonesia Lawyers Club (ILC) menggelar tanya jawab webinar seputar program tersebut. Banyak yang penasaran lho bagaimana ILC itu bisa berjaya menjadi program talk show yang selalu menjadi referensi tontotan warga tanah air. Kenapa ILC libur saat Pilpres kemarin ya.

Tak heran topik-topik ILC selalu hangat dan menarik perhatian masyarakat. Ada yang bertanya kok bisa ILC menggunakan host Karni Ilyas, yang secara penampilan kurang begitu menjual di televisi sampai ada yang bertanya apakah ILC pernah nggak ratingnya anjlok? Malah ada juga lho yang tanya agak sensitif, kenapa ILC libur mengudara saat Pilpres 2019? Hayo kenapa ya.

Baca juga: Rocky Gerung dilarang tampil di ILC lagi? Ini jawaban tvOne

Semua pertanyaan itu dijawab oleh tim ILC dan webinar itu ditayangkan pada channel YouTube Talk Show tvOne.

Pilpres juga Pilgub DKI

Indonesia Lawyers Club
Indonesia Lawyers Club. Foto Instagram @presidenilc

Program ILC memang pernah libur mengudara atau tayang saat Pilpres beberapa waktu lalu. Penanggung jawab program ILC tvOne, Andri menuturkan program favorit itu bukan cuma libur pas Pilpres saja lho. Saat Pilgub DKI pada 2017, ILC juga pernah libur mengudara.

Dia mengatakan pada saat dua pesta demokrasi itu, situasi masyarakat terpolarisasi menjadi dua arus kubu besar. Kondisi ini semakin panas dan membuat penanggung jawab ILC pun memutuskan libur dulu.

“Ada momen yang tak bisa kita hindari saat Pilpres kemarin masyarakat terbelah menjadi dua kubu. Pilkada 2017 juga publik hampir terpecah pada dua. Posisi kita harus tetap di tengah. Kita harus hati-hati soal keutuhan publik,” kata dia dalam channel Youtube tersebut dikutip Selasa malam 30 Juni 2020.

Pengaruh gede ILC

Presiden ILC, Karni Ilyas
Presiden ILC, Karni Ilyas. Foto Instagram @presidenilc

Andri menuturkan ada risiko pada program ILC yang mempunyai pengaruh besar pada obrolan masyarakat dalam isu-isu hangat di republik ini. Makanya penanggung jawab program ILC menyadari saat momen Pilpres 2019 dan Pilgub DKI 2019.

“Kalau dari kami (tayangan ILC) menimbulkan pro dan kontra yang lebih keras lagi, ya kita harus bijak lagi,” tuturnya.

Makanya kenapa pada Pilpres dan Pilgub DKI lalu, program ILC libur beberapa waktu adalah karena kondisi yang kian panas tersebut.

“Makanya setelah dipertimbangkan tim, kami putuskan supaya colling down. ILC punya pengaruh besar maka istirahat dulu supaya publik cair dulu. Kan nggak mungkin ILC mengundang satu pihak saja,” jelasnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close