Lifestyle

Ilmuwan rilis tanggal pasti dunia bebas virus corona, AS 11 November

Laboratorium inovasi Universitas Teknologi Singapura telah memperkirakan tanggal pasti Inggris dan negara-negara di seluruh dunia akan bebas dari virus corona Covid-19 menggunakan prediksi berbasis data

Para ilmuwan telah memperkirakan tanggal pasti Inggris dan negara-negara di dunia akan bebas dari virus corona.

Baca juga: Berhasil lakukan riset soal virus COVID-19, Ilmuwan China tewas ditembak

Para pemimpin global terus berjuang melawan virus mematikan yang kini telah menginfeksi 5 juta di seluruh dunia dan menewaskan lebih dari 35.000 orang di Inggris.

Tetapi berakhirnya pandemi bisa terlihat jika perhitungan prediksi yang hanya perkiraan akhirnya kini bisa jadi akurat.

Dilansir Daily Star, untuk beberapa negara mungkin bisa jatuh di bulan Juli, namun di beberapa negara lain, dipatok jauh ke depan. Semua sesuai hitungan data dan tergantung kondisi negara masih-masing.

Dalam upaya untuk menghentikan penyebarannya, Perdana Menteri Boris Johnson telah mengumumkan penciptaan sistem lima langkah “Tingkat Peringatan Siaran”, mirip dengan cara Inggris memantau tingkat ancaman dari terorisme.

Ilustrasi tes corona
Ilustrasi tes corona. Foto: Fernando Zhiminaicela dari Pixabay

Mirip dengan sistem yang sudah ada di negara-negara seperti Selandia Baru, tingkat akan ditentukan oleh ‘R’ (tingkat infeksi) dan jumlah kasus virus corona di Inggris.

“Pada gilirannya, Level Peringatan Covid akan memberi tahu kita betapa sulitnya kita dalam langkah-langkah sosial kita bahwa semakin rendah tingkat semakin sedikit langkah-langkahnya,” kata Johnson dalam pidatonya Jumat 22 mei 2020.

Diharapkan peraturan itu akan membantu negara ini untuk lebih membatasi penyebaran virus dan akhirnya pindah ke tingkat satu. Artinya penyakit ini tidak lagi ada di Inggris.

Tetapi sekarang, laboratorium inovasi Universitas Teknologi Singapura telah memperkirakan tanggal pasti Inggris akan bebas dari Covid-19 dan dapat memasuki level satu dengan menggunakan prediksi berbasis data.

Laboratorium juga telah memperkirakan kapan krisis coronavirus akan berakhir di berbagai negara di dunia.

Model tersebut memprediksi bahwa krisis Covid-19 dapat berakhir di Inggris pada 30 September.

Sebaliknya, ia memperkirakan krisis di AS akan berakhir pada 11 November, Italia akan terbebas dari virus pada 12 Agustus dan bagi Singapura itu akan 19 Juli.

Tetapi Universitas Teknologi Singapura membuat prediksi bersamaan dengan peringatan.

“Model dan data tidak akurat dengan realitas yang kompleks, berkembang, dan heterogen dari berbagai negara.

Lebih lanjut dikatakan bahwa prediksi pada dasarnya tidak pasti. Pembaca harus mengambil prediksi dengan hati-hati.

“Over-optimisme berdasarkan perkiraan tanggal akhir adalah berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol kita dan menyebabkan perputaran virus dan infeksi, dan harus dihindari.”

Muncul setelah prediksi ahli bahwa mungkin ada nol kematian virus corona yang tercatat di Inggris setiap bulan Juni.

Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan ada sekitar 400 kematian setiap hari di Inggris dan Wales selama Mei.

Tetapi Profesor Carl Heneghan, dari Pusat Pengobatan Berbasis Bukti di Universitas Oxford, memperkirakan kita dapat mencatat nol kematian setiap hari di bulan Juni.

“Saya pikir pada akhir Juni kita akan melihat data dan menemukan kesulitan untuk menemukan orang dengan penyakit ini, jika tren saat ini terus berlanjut dalam kematian. Tapi kita akan terus naik turun secara sporadis selama empat hingga enam minggu.”

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close