Trending

Indonesia disebut punya Kapal Induk rahasia, elite TNI AL sampai ungkap begini

Sebuah informasi yang cukup mengejutkan beredar luas di telinga publik, pasalnya Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angakatan Laut (AL) disebut memiliki Kapal Induk yang keberadaannya rahasia.

Awal kemunculan kabar tersebut bermula dari sebuah unggahan di jejaring media sosial YouTube.

Muslima Fest

Dalam video yang merupakan postingan dari saluran bernama Kusus Militer tersebut, dia membuat sebuah judul yang menyebut seakan-akan Indonesia memiliki sebuah Kapal Induk yang keberadaannya sangat dirahasiakan.

Tak Disangka! Kapal Induk Indonesia yang Dirahasiakan” bunyi judul itu, dikutip Hops pada Rabu, 23 Juni 2021.

Kemudian dalam foto di thumbnail video itu, terlihat seakan menggambarkan bahwa Republik Indonesia benar memiliki kapal induk.

Dalam video yang diunggah pada 3 April 2021 silam ini, terlihat dua kapal lainnya yang mengawal kapal induk menggunakan bendera merah putih.

Lantas benarkah militer Indonesia memiliki armada canggih kapal induk tersebut?

Hoaks dan ternyata hanya editan belaka

Kabar soal Indonesia punya kapal induk. Foto: Tangkapan layar YouTube
Kabar soal Indonesia punya kapal induk. Foto: Tangkapan layar YouTube

Berdasarkan laporan Antara, informasi atau berita terkait Indonesia memiliki kapal selam induk itu adalah hoaks.

Bahkan, foto yang dijadikan thumbnail di YouTube bukan kapal induk milik Indonesia, melainkan kapal penjelajah Soviet bernama Varyag.

Kapal Varyag sendiri, sejak tahun 2002 sudah dibeli dan berpindah tangan ke negara Tiongkok. Kemudian usai melakukan perombakan, kapal tersebut diperbaiki dan berganti nama menjadi Liaoning.

Terkait foto yang memperlihatkan kapal induk itu juga pernah diunggah pada akun Twitter @dafengcao. Pada akun tersebut sempat dibagikan beberapa foto kapal Liaoning saat menuju ke Pelabuan Dailan dan sedang diperbaiki.

Haven’t seen these pics before: Carrier Varyag was towed, into Dalian Port in March 2002. Three years later, the rebuilding started (Belum pernah melihat foto-foto ini sebelumnya: Kapal Induk Varyag ditarik ke pelabuhan Dalian pada Maret 2002, tiga tahun kemudian, pembangunan kembali dimulai),” tulis pemilik akun pada 26 Januari 2017.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa berita tersebut tidaklah benar. Potret kapal induk pada thumbnail itu hanyalah editan belaka.

Lebih anehnya lagi, kalau kamu menyaksikan video itu hingga habis, maka tidak ditemukan informasi bahwa ada kapal induk milik Indonesia yang dirahasiakan dan terbengkalai.

Video itu justru membuka diskusi mengenai perlu atau tidaknya Indonesia memiliki kapal induk.

Bisa dikatakan, judul di bagian thumbnail jelas click bait agar penonton menyaksikan video tersebut.

Tanggapan petinggi TNI AL

Prajurit TNI Saat bertugas di dalam kapal. Foto: Antara
Prajurit TNI Saat bertugas di dalam kapal. Foto: Antara

Sedangkan menyadur IDN Times, Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono dengan tegas mengatakan bahwa Indonesia sampai saat ini tidak atau belum memiliki kapal induk.

“Belum (punya kapal induk),” ujar Julius.

Julius memaparkan, Indonesia pun tidak bisa tiba-tiba membeli kapal induk yang harganya mencapai 12 miliar dolar AS atau setara Rp173,4 triliun.

“Harus diubah doktrin lamanya dari semula inward looking menjadi outward looking,” tutur dia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close