Unik

Ini dia alasan kenapa TikTok bikin banyak orang ketagihan

Aplikasi video mobile besutan ByteDance, TikTok, semakin marak digunakan oleh banyak kalangan. Pengguna TikTok pun mengalami peningkatan yang signifikan di seluruh dunia. Alasan di balik kesuksesan TikTok yang luar biasa tentu karena banyak pengguna yang merasa “ketagihan” dengan aplikasi ini.

Tapi, kenapa sih TikTok bisa bikin banyak orang ketagihan? Ini dia alasannya!

Baca Juga: Artis inisial VS digerebek, Manajer: Iya betul, itu Vernita Syabilla

Pertama, algoritma TikTok memungkinkan aplikasi ini untuk mempelajari video apa saja yang kamu tonton lebih dari satu kali. Dengan begitu, video yang tersaji di feed kamu berkaitan dengan topik yang kamu suka atau dengan video yang sebelumnya kamu tonton secara berulang.

Logo TikTok di Google Play
Logo TikTok di Google Play Foto: google play

Kedua, TikTok bekerja dengan cepat. Memasuki beranda, kamu akan langsung disajikan dengan deretan video. Berbeda dengan Youtube atau aplikasi lainnya, pengguna tidak perlu mencari video apa yang mereka ingin lihat. “Serangan” mendadak inilah yang membuat pengguna TikTok tak perlu repot-repot untuk berpikir ingin menonton apa.

Ketiga, potongan musik yang catchy dan diputar terus-menerus menjadi salah satu alasan kenapa main TikTok bikin ketagihan. Selama ini, musik memainkan peranan penting dalam berbagai video dance TikTok yang viral di semua media sosial.

Aplikasi TikTok
Aplikasi TikTok Foto: Entrepeneur

Tak heran jika aplikasi ini cocok bagi musisi anyar yang ingin mempromosikan karyanya. Contohnya, Lil Nas X hanya butuh waktu 4 bulan sebelum menandatangani kontrak dengan label musik Columbia Records. Kesuksesannya bermula dari video “Old Town Road” di TikTok yang viral dan membawa namanya masuk ke jajaran Billboard Hot 100 Chart.

Kelima, durasi video yang pendek membuat pengguna tidak cepat bosan memainkan aplikasi ini. Persoalan durasi inilah yang juga membuat pesan dari video TikTok padat dan langsung sampai ke inti. Tak seperti Youtube atau platform video lainnya yang cenderung lama dan “bertele-tele”.

Keenam, fitur editing TikTok yang menarik dan mudah diaplikasikan. Coba perhatikan, ada banyak sekali video TikTok dengan fitur edit yang bervariasi, mulai dari slow-motion hingga green screen effect. Hal ini juga yang membuat TikTok anti boring. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close