Trending

Insiden penusukan Syekh Ali Jaber, ulama banjir tawaran pengawalan

Insiden penusukan Syekh Ali Jaber menjadi perhatian besar masyarakat hingga insititusi keamanan negara, diantaranya polisi yang siap mengawal ulama.

Seakan tak ingin peristiwa penusukan kembali terjadi karena minimnya pengamanan saat ulama melakukan kegiatan ceramah dan ibadah lainnya, institusi kepolisian khususnya Polda Lampung akan memberikan pengawalan kepada ulama.

Baca juga: Insiden Syekh Ali Jaber, PDIP ingatkan hati-hati politik adu domba

Hal tersebut diungkap langsung Kabid Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Polisi Zahwani Arsyad mengatakan polisi akan meningkatkan keamanan bagi para pendakwah, agar peristiwa yang membahayakan dan tidak diinginkan terjadi kembali.

Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber. Foto Antara/HO

Untuk bisa mendapatkan pengamanan dari kepolisian, menurut Arsyad sangat mudah, dimana panitia cukup membuat izin keramaian yang nantinya petugas akan membantu mengamankan acara yang diselenggarakan.

“Ke depan kepolisian akan melakukan keamanan asal panitia memberikan informasi dengan surat izin keramaian,” katanya seperti dikutip Hops.id dari Antara Rabu 16 September 2020.

Terkait perizinan, Polda Lampung mengungkap telah menerima izin keramaian yang dilaporkan panitia penyelenggara terkait acara yang dihadiri syekh Ali jaber.

Langkah tersebut, menurut Arsyad juga penting dilakukan oleh seluruh panitia ataupun masyarakat yang ingin mengadakan keramaian di lingkungan ataupun setiap wilayah.

Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber. Foto Instagram @ptrimbun

Dengan laporan tersebut, polisi akan melakukan pemantauan dan bisa melakukan monitor terhadap wilayah dan kondisi yang menjadi lokasi penyelenggaraan acara atau pusat keramaian.

Ormas siap kawal ulama

Tak hanya kepolisian, aksi penusukan orang tak dikenal kepada syekh Ali Jaber membuat organisasi masyarakat Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) turut ambil bagian dalam pengamanan.

Bahkan dalam kampanyenya Bang Japar menyebar famlet digital yang banyak beredar melalui WAG, dimana ormas ini menyatakan siap untuk memberikan pengawalan kepada para ulama.

Ketua Umum Bang Japar
Ketua Umum Bang Japar Fahira Idris Foto:Fahiraidris.id

Pengawalan tersebut, menurut pimpinan Ormas Bang Japar Fahira Idris membenarkan adanya tawaran kepada para ulama untuk bisa mendapatkan pengawalan langsung dari anggota Bang Japar.

Pengawalan menurut Fahira seperti dikutip melalui akun twitter pribadinya @Fahiraidris mengawal dan menjaga ulama adalah salah satu tugas dan kewajiban keluarga besar Ormas Bang Japar.

“Kepada Yang Terhormat, para Ulama di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Bodetabek yang kami muliakan, jika dibutuhkan, Ormas Bang Japar insya Allah siap mengawal Ulama dalam setiap aktivitas dakwah. Karena mengawal dan menjaga ulama adalah salah satu tugas dan kewajiban keluarga besar Ormas Bang Japar,” terang Fahira Ketua Umum Bang Japar.

Sebelumnya aksi penusukan yang dialami Syek Ali Jaber terjadi di Bandar Lampung Minggu 13 September 2020. Saat tengah diatas panggung bersama ibu dan anaknya, tiba-tiba muncul orang tak dikenal membawa pisau.

Dengan cepat pria tersebut menusukkan senjata tajam yang dibawanya dan berhasil mengarah ke lengan Syekh Ali Jaber hingga terluka.

Pelaku bernama Alpin Andria menusuk tangan kanan Syekh Ali sudah ditahan. Saat ini polisi sedang berusaha mengungkap motif pelaku melakukan perbuatan tersebut.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close