Fit

Inspiratif! Dulu tukang sampah, kini bangun perusahaan senilai Rp4 T

Menjadi kaya tentu impian banyak orang. Menjadi kaya bisa didapat dengan berbagai cara, seperti pandai melihat peluang dan kerja keras. Seperti pria berikut ini, dari seorang tukang sampah, ia akhirnya bisa mendirikan perusahaan bernilai triliunan rupiah.

Pria tersebut adalah Brian Scudamore, yang merupakan pendiri perusahaan pengangkut sampah di Amerika Serikat. Perusahaan miliknya dinamai 1-800-GOT-JUNK?.

Baca juga: 4 Fakta pengacara yakin Wahyu Setiawan terima justice collaborator

Ia memulai langkahnya menjadi seorang pengusaha kaya raya pada tahun 1989. Ketika itu, ia masih berusia 19 tahun dan sedang mencari pekerjaan sampingan sembari menunggu kuliah.

Suatu hari, ia datang ke sebuah restoran cepat saji dan kemudian melihat sebuah truk sampah dengan papan iklan Mark’s Hauling, sebuah perusaan pengangkut sampah.

“(Saat itu saya berpikir) Saya bisa melakukan itu,” kata Scudamore dikutip Hops.ID dari CNBC International pada Selasa, 4 Agustus 2020.

Untuk memulai usahanya itu, ia kemudian merogoh tabungannya sekitar USD1.000 untuk memulai bisnis layanan pengangkutan sampahnya, yang awalnya ia beri mama The Rubbish Boys.

“Saya menghabiskan USD700 untuk sebuah mobil Ford F-100 tua dan sisanya untuk mencetak brosur dan kartu nama,” jelasnya.

Tak berapa lama, Scudamore sudah bisa balik modal dan bahkan mendapat keuntungan sekitar USD1.700 atau sekitar Rp25 juta, yang kemudian ia gunakan untuk membayar kuliah.

View this post on Instagram

Little bit of backstage action at the @nyse where @cheddar is filmed! Here to chat #myWTFbook, get some trading tips, etc. 😉 Stoked to be back!!

A post shared by Brian Scudamore (@brianscudamore) on

Setelah bisnisnya mulai berkembang, ia kemudian melakukan rebranding bisnis dan memperkenalkan 1-800-GOT-JUNK?.

Melalui bisnis itu, ia berhasil mendapatkan pendapatan sebesar USD1 juta dalam pendapatan tahunan pada 1997.

Waralaba

Kemudian ia menyadari betapa bisnisnya sangat menguntungkan dan memutuskan untuk memperluas bisnisnya melalui usaha waralaba.

“Saya ingin melakukan hal yang sama dengan perusahaan pengangkutan sampah. Kami mengatakan kami akan menjadi FedEx versi pengangkutan sampah dengan truk yang bersih dan mengkilap, dan pengemudi berseragam yang ramah,” tutur Scudamore.

“Saat itulah saya tahu bahwa model bisnis waralaba adalah model bisnis yang akan berkembang,” sambungnya.

Saat ini, 1-800-GOT-JUNK? Merupakan bisnis yang nilainya mencapai USD300 juta atau sekitar Rp4,4 triliun.

Brian Scudamore dan rekannya. Foto: Instagram @brianscudamore

Perusahaan tersebut mengoperasikan waralaba pembuangan sampah di sekitar 160 lokasi di AS, Kanada dan Australia di bawah payung O2E Scudamore.

O2E Scudamore adalah induk perusahaan, yang juga milik Scudamore, yang bergerak di bidang pengecatan rumah.

Saat memulai bisnis, kata Scudamore, ia tidak pernah berharap untuk memiliki ide bisnis yang dapat mengubah hidup orang banyak. Ia hanya ingin memiliki cara untuk memperoleh uang tambahan.

“Apakah saya tahu hari itu bahwa ini akan menjadi sesutau yang jauh lebih besar dari sekadar cara untuk membayar uang kuliah? Tidak,” kata Scudamore.

“Tetapi saya tahu bahwa jika saya memilih sesuatu dan saya berkomitmen dengan itu, hasrat untuk membangun bisnis akan segera menyusul,” imbuhnya. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close