Hobi

Instagram kenalkan fitur baru, untuk amankan akun yang pernah di-hack

Di tengah zaman serba digital, masalah keamanan data pribadi dan akun media sosial saat ini menjadi perhatian banyak orang. Sebagian orang di dunia ini pernah mengalami kemalangan akibat akun media sosialnya diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. Maka itu, untuk memberikan rasa aman bagi pengguna, Instagram memperkenalkan fitur baru.

Instagram memang tak pernah berhenti berinovasi untuk menghadirkan kenyamanan bagi penggunanya di seluruh dunia. Kekinian, aplikasi yang berinduk ke Facebook itu memperkenalkan fitur baru yang bernama Security Chekup.

Fitur baru Instagram ini berguna bagi pengguna yang akunnya sebelumnya pernah mengalami peretasan. Melansir laman The Verge pada Jumat 16 Juli 2021, orang dengan akun yang sebelumnya disusupi peretas akan melihat permintaan saat mereka masuk,dan menanyakan apakah mereka ingin memulai pemeriksaan keamanan.

Fitur Security Checkup Instagram. Foto: 9to5mac
Fitur Security Checkup Instagram. Foto: 9to5mac

Fitur ini akan memandu pengguna melalui langkah-langkah keamanan, termasuk mengonfirmasi akun lain yang membagikan informasi login, meninjau aktivitas login, dan memperbarui informasi kontak pemulihan.

Ini jadi fitur berikutnya dari Instagram sebagai upaya keamanan dalam platform. Perusahaan juga mengimbau penggunanya untuk mengamankan akun dari fitur yang tersedia.

Kemudian, Instagram juga berencana untuk menambahkan dukungan untuk otentikasi dua faktor melalui WhatsApp, selain opsi nomor telepon dan aplikasi autentikator yang saat ini ada.

Perusahan juga mengatakan ada peningkatan akun yang mengklaim sebagai Instagram dalam pesan langsung untuk membuat orang membagikan kata sandi mereka.

Aplikasi Instagram. Foto: Solen Feyissa di Unsplash
Aplikasi Instagram. Foto: Solen Feyissa di Unsplash

Dan untuk menepis kekhawatiran atas hal itu, Instagram menegaskan hanya mengirim email, dan pengguna dapat memeriksa untuk melihat apakah email itu asli dengan melihat tab ‘Email dari Instagram’ di pengaturan.

Fitur keamanan yang disederhanakan diluncurkan di tengah gelombang email pengaturan ulang kata sandi baru-baru ini yang telah mengacaukan kotak masuk beberapa orang.

Email tersebut sah dari Instagram dan kemungkinan dari bot yang mencoba mengakses banyak akun sekaligus. Jika mendapat hal itu, mungkin pengguna akan sedikit merasa kesal, apalagi jika dapat dalam jumlah yang tak sedikit. Namun demikian, itu tidak berarti akun pengguna telah diretas.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close