Trending

Setelah 60 tahun, negara Islam ini akhirnya memohon pinjaman ke IMF

Untuk pertama kalinya dalam sejarah selama 60 tahun, pemerintah negara Iran telah memohon bantuan pinjaman dari IMF untuk melawan virus corona.

Dalam sebuah cuitan di akun Twitter Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, Iran Central Bank telah meminta pinjaman dana ke International Monetary Fund (IMF). Mereka ingin segera bisa menyelesaikan masalah yang menghantui warganya, yang ketakutan dengan virus corona Covid-19.

Saat ini Iran memang sedang dilanda wabah penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh penyebaran virus corona. Wabah yang sudah ditetapkan WHO sebagai pandemi ini telah menginfeksi 10.000 orang di Iran, dengan ratusan orang berakhir tewas. Bahkan wakil presiden dan dua menteri Iran juga terinfeksi virus tersebut.

Baca juga: Bisakah Virus Corona Menular Melalui Sex?

Managing Director IMF, Kristalina Georgiva mengatakan bahwa negara-negara yang terkena dampak corona akan diberikan bantuan melalui Rapid Financial Instrument. 

Foto: Reuters
Foto: Reuters

Maka dari itu, dengan cepat, Gubernur Bank Central Iran, Abdolnaser Hemmati mengatakan dalam postingan di Instagramnya bahwa mereka telah mengirim surat kepada Georgieva. Dalam surat itu mereka telah meminta bantuan dana sampai US$5 miliar dari pendanaan darurat IMF itu.

Pada 4 Maret lalu, Georgieva memang telah mengumumkan bahwa IMF telah menyiapkan dana sampai US$50 miliar untuk membantu dunia agar bisa mengatasi krisis global gara-gara virus corona.

Saat ini ekonomi Iran berada di bawah tekanan besar bahkan sebelum krisis virus corona dimulai. Sanksi AS diberlakukan kembali pada 2018 ketika Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian nuklir antara Iran dan negara-negara dunia. Sejak itu Iran telah menghabiskan cadangan mata uang asing negara itu.

Baca juga: Naik level! Kini virus corona jadi pandemi, bedanya dengan epidemi?

Pada 7 Maret, Javad Zarif menuduh Presiden Donald Trump melakukan rencana jahat dengan memperketat sanksi yang bertujuan menguras sumber daya Iran yang dibutuhkan dalam perang melawan virus corona.

Iran termasuk di antara 44 negara yang diundang ke Konferensi Bretton Woods, secara resmi dikenal sebagai Konferensi Moneter dan Keuangan PBB, pada tahun 1944 yang mengarah pada pembentukan Dana Moneter Internasional. Pada tahun 1951 Iran menerima pinjaman yang setara dengan seperempat dari kreditnya untuk pertama kali.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close