Fit

Istana Rp4 triliun Pangeran Arab di Prancis, the real Sultan!

Arab Saudi jadi salah satu negara terkaya di dunia. Enggak heran, kehidupan para pemimpinnya serba mewah. Bukan cuma di negaranya, aset para anggota kerajaan tersebar di banyak negara. Seperti istana Rp4 triliun milik Pangeran Arab di Prancis.

Mohammed Bin Salman, sang putra mahkota Arab Saudi punya istana Rp4 triliun seluas 4.500 meter di Louveciennes yang berdekatan dengan Versailles.

Istana bernama Chateau Louis XIV terinspirasi dari kastil abad ke-17. Bangunan mewah itu didirikan sekitar tahun 2011. Beberapa fasilitas mewah di dalamnya, akuarium dalam ruangan, kolam renang dalam dan luar ruangan serta klub malam pribadi.

Mohammed bin Salman
Mohammed bin Salman. Foto: Instagram @special_royal

Untuk membangun istananya di Eropa, Bin Salman menghancurkan kastil dari abad 19. Istananya itu punya 10 kamar mewah, perpustakaan, lapangan tenis, bioskop, dua ballroom dan gudang anggur yang bisa menampung 3 ribu botol.

Chateau Louis XIV milik Bin Salman. Foto: Reuters

Baca juga: Cek jeroan jet pribadi Rp240 miliar Lionel Messi, sultan!

Hampir semua fasilitasnya bisa diatur dari iPhone, seperti air mancur, sound system, lampu dan AC. Satu hal paling menonjol dari fasilitas yang ada adalah ruang meditasi. Di ruangan itu terdapat terowongan akuarium air tawar semacam di seaworld.

Ruang meditasi. Foto: Magali Delporte /eyevine

Bin Salman menghiasi istananya dengan karya seni tinggi, pegangan tangga berlapis emas, lantai marmer dan ruangan depan dengan kubah berlukis.

Saking mewahnya, kabarnya Kanye West dan Kim Kardashian berniat menyewa tempat ini untuk resepsi pernikahan mereka di tahun 2014.

Interior berlapis emas. Foto: Magali Delporte /eyevine

Bangunan mewah itu dirancang oleh Emad Khashoggi, keponakan biliuner Adnan Khashoggi. Menurut Khashoggi, merupakan impiannya untuk membangun istana tersebut. “Seperti Versailles, seperti patung Louis XIV yang ada di halaman, dia menciptakan sesuatu yang luar biasa,” dilansir dari laman Mirror, Sabtu, 18 April 2020.

Kolam renang indoor dan outdoor. Foto: Magali Delporte /eyevine

Bin Salman memang menggemari barang-barang mewah. Misalnya saja, yacht super besar seharga Rp8 triliun dan lukisan Da Vinci seharga Rp6 triliun.

Saat ini Bin Salman yang berumur 34 tahun menjabat sebagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Arab Saudi. Ayahnya, Raja Salman pada tahun 2017 telah menunjuknya sebagai penerus takhta selanjutnya.  

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close