Hobi

Isuzu luncurkan Traga Blind Van, cocok buat masuk jalan sempit

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi meluncurkan Isuzu Traga Blind Van pada hari ini, Kamis 21 Oktober 2021. Kendaraan tersebut menyasar kalangan pebisnis jasa pengiriman barang logistik, menyusul maraknya belanja online yang bertumbuh pesat di masyarakat saat pandemi.

“Tahun 2020 dan 2021 merupakan tahun yang sangat berat dengan adanya wabah Covid-19. Bisnis e-commerce justru meningkat dan berdampak pada bisnis kurir dan logistik yang meningkat. Maka itu, Isuzu Indonesia mempersembahkan Isuzu Traga Blind Van untuk para pengusaha, khususnya di bidang kurir dan logistik,” kata Hiroki Motohashi, Sales & Marketing Director PT IAMI dalam acara peluncuran yang digelar secara virtual.

Isuzu Traga Blind Van dibekali mesin diesel 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc, mesin dengan tipe yang sama yang pernah dipasang di Isuzu Panther yang dikenal bandel, irit konsumsi solar dan mudah perawatannya. Mobil niaga ini memiliki tenaga 80 PS atau setara 78,9 TK di 3.500 rpm dan torsi 191,2 Nm di 1.800 rpm.

Isuzu Traga Blind Van. Foto: PT IAMI
Traga Blind Van. Foto: PT IAMI

Traga Blind Van memiliki panjang cargo 2,9 m, lebar 1,52 m dan tinggi 1,2 m. Kendaran ini diklaim Isuzu memiliki kapasitas ruang kargo terluas di kelasnya dengan total voume 5,2 m3.

Traga Blind Van hadir dengan dimensi yang diklaim cocok untuk digunakan di berbagai jalan, termasuk di jalan yang terdapat pembatasan jalur yang tidak dapat dialui truk.

“Sengaja kita desain dengan tinggi kurang dari 2,1 meter. Harapannya kalau perlu masuk tol dia bisa masuk, atau ke mal-mal bisa masuk parkiran biasa. Terus juga ada beberapa jalan yang mengatur tinggi, ini bisa lebih efektif dan efisien melalui jalan-jalan tersebut,” ujar Arvin Sumbung, Product Marketing CV & LCV Manager PT IAMI.

Dia juga menjelaskan bahwa Isuzu Traga Blind Van merupakan hasil hasil kerja sama PT IAMI dengan karoseri partner.

Isuzu Traga Blind Van. Foto: PT IAMI
Traga Blind Van. Foto: PT IAMI

Untuk akses kabin belakang, Isuzu membuat dua pintu, satu di samping dan satu lagi di belakang. Pintu samping memakai model swing dengan bukaan selebar 1 meter sedangkan di belakang model hatchback dengan hidrolik biasa. Pintu samping didesain untuk barang yang lebih kecil dan juga bisa memudahkan pekerjaan saat menurunkan barang. Sementara pintu belakang untuk memasukkan barang yang lebih besar.

Isuzu Traga Blind Van ini juga memiliki radius putar yang cukup kecil, yakni 4,5 meter, sehingga memudahkan melakukan manuver bahkan di jalan yang sempit sekalipun.

Untuk harga dari kendaraan ini, PT IAMI mengatakan akan mengumumkannya pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 mendatang.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close