Trending

Jakarta dikepung banjir, catat ini titiknya

Hops.id – Banjir mengepung Jakarta, Rabu 1 Januari 2020, setelah sejumlah wilayah hujan sejak Selasa sore hingga Rabu pagi ini. Banjir juga terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Di Jakarta, banjir telah melumpuhkan sejumlah fasilitas vital, seperti jalan tol, rel kereta api, terminal, runway landasan udara Halim Perdanakusuma, dan sejumlah jalan raya. Perumahan dan perkantoran pun banyak yang terendam.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, tinggi air Bendungan Katulampa pada pukul 9.10 adalah 170 cm, dengan kondisi hujan. Status saat ini Siaga 2.

AKBP Dermawan Karosekali melaporkan situasi terkini di Layang Halim Jaktim untuk @TMCPoldaMetro. Pada pukul 10.35, lalu lintas di Tol Dalam Kota sebagian sudah bisa dilalui, meski banjir masih terjadi.

Mobil-mobil kecil dari Tol Semanggi menuju tol Jakarta-Cikampek masih bisa lewat pelan. Begitu juga sebaliknya. Namun, untuk tol Jakarta-Cikampek menuju Tanjung Priok tak bisa dilewati. Mobil masih tertahan karena tingginya muka air.

Tol Dalam Kota di Grogol, tepatnya di depan Universitas Trisakti pada pukul 10.16 juga tak bisa dilewati. Pengguna jalan yang akan menuju Bandara diminta mencari jalan alternatif.

Di Jalan Cakung Cilincing, dari dari TL JGC sampai KBN, pada pukul 10.39 juga belum bisa dilewati kendaraan. Banjir masih terjadi hingga ketinggian 50 cm.

Belum puncak

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan kondisi hujan deras di Jakarta dan sekitarnya belum termasuk kategori ekstrem. Kategori itu baru akan terjadi pada Februari hingga Maret.

“Tapi patut diwaspadai karena baru awal,” kata dia seperti dikutip VIVAnews.com.

Dwikorita mengatakan hujan yang terjadi sekarang volumenya masih 50 milimeter per hari. Sedangkan, hujan intensitas sangat lebat volumenya 100-150 milimeter per hari. Adapun hujan kategori ekstrem di atas 150 milimeter.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close