Hobi

Jalan panjang Mitsubishi Xpander rajai mobil keluarga Indonesia

Ajang Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 menjadi cikal bakal keberhasilan Mitsubishi Xpander di Indonesia. Bagaimana tidak, kendaraan mobil low MPV Mitsubishi Xpanderini mampu menjadi angin segar dari banyaknya peminat kendaraan keluarga tanah air.

Mitsubishi Xpander sendiri merupakan MPV 7 penumpang yang dirancang dan diproduksi di Indonesia oleh Mitsubishi Motors. Sebelum diluncurkan, Mitsubishi Xpander dikenal pertama kali muncul sebagai model XM Concept setahun sebelum peluncuran resminya dilakukan.

Jika dilihat dari model awalnya, Mitsubishi Xpander terlahir tanpa banyak perbedaan dari XM Concept yang menjadi basis model desain produksi mobil Xpander. Salah satu yang mencolok tanpa ubahan antara versi produksi dan konsepnya yakni headlamp.

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Foto: Ist

Mitsubishi Xpander dikenal memiliki desian headlamp yang unik, berukuran besar dan disematkan di bagian bawah sejajar bumper. Inovasi inilah yang belakangan menjadi warna dan angin segar bagi perkembangan desain mobil low MPV yang ada sebelumnya di tanah air.

Orang dibalik rancang bangun desain Mitsubishi Xpander yakni Tsunehiro Kunimoto, merupakan sosok di balik itu semua. Kunimoto merupakan pria yang bertanggung jawab terhadap desain kendaraan penumpang Mitsubishi.

Pria kelahiran 1950 itu menjelaskan dasar pembuatan Dynamic Shield. Menurutnya konsumen kini tidak hanya melihat desain unik, inovatif, dan beda dari yang lain. Namun, konsumen juga memikirkan fungsi dan daya tahan serta keamanan kendaraan.

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate foto: MMKSI

“Perubahan seperti itu membuat saya berkembang, sekarang satu brand dapat membuat satu desain utama yang dapat diaplikasikan terhadap banyak kendaraan mereka, demikian juga Mitsubishi. Maka tercipta konsep Dynamic Shield, yang akan terus bertahan sebagai ciri khas desain Mitsubishi hingga ke depan”, ujarnya, mengutip keterangan resmi Mitsubishi.

Kunimoto mengatakan Dynamic Shield bukan sekadar nama desain, namun lebih ke filosofi berkendara yang memberikan perlindungan bagi pengemudi dan juga orang lain di sekitarnya. Hanya saja desain ini tetap mempertahankan tampilan sporty dengan performa tinggi.

Mitsubishi Xpander di pameran otomotif medan
Mitsubishi Xpander di pameran GIIAS medan Foto: Hops/Mfd

Keberhasilan penjualan Mitsubishi Xpander

Keberhasilan Mitsubishi Xpander tak lepas dari hasil riset yang dilakukan dan disesuaikan baik untuk kebutuhan konsumen hingga karakter di Indonesia. Mobil ini tersedia dalam lima pilihan tipe, yaitu GLX Manual, GLS Manual or Automatic, Exceed Manual or Automatic, Sport Manual or Automatic, dan varian tertinggi yaitu Ultimate.

Mitsubishi Xpander dibekali dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.499 cc yang menghasilkan tenaga mencapai 105 hp serta torsi sebesar 141 Nm.

Berbekal kemampuan riset dan pengembangan yang dilakukan Mitsubishi dalam menciptakan mobil low MPV yang menjadi pasar gemuk di Indonesia. Menjadi tolok ukur keberhasilan Mitsubishi menawarkan mobil MPV berkualitas, di tengah persaingan ketat banyak model MPV lain.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close