Trending

Jangan diam saja, Mr. Hu lebih sadis dari Covid-19, bisa matiin Indonesia

Dua influencer, Rudi Valinka dan Dokter Tirta Hudhi ramai ngomongin Mr. Hu di media sosial. Siapa sih Mr. Hu? Kalau kalian yang sering belanja daring bakal nggak asing. Mr. Hu adalah seller asal China. Pasti nggak asing kan dengan nama itu. Malah sampai dibilang Mr. Hu lebih sadis dari Covid-19 kalau terus-terusan dibiarkan.

Nah Dokter Tirta dan Rudi Valinka ini menyoroti kelakuan Mr. Hu. Keduanya setengah kesal dengan suksesnya Mr. Hu yang berani kirim barang receh dari China dengan harga murah. Tirta dan Rudi Valinka senada kelakuan Mr. Hu ini bisa mematikan UMKM lokal Indonesia. Kok bisa sih mereka berpendapat gitu Sobat Hopers?

Mr. Hu lebih dari Covid-19

Dokter Tirta. Foto: Instagram @dr.tirta

Rudi Valinka dengan akun @kurawa menuliskan Mr. Hu merupakan simbol ekspansi perdagangan China yang melintasi batas negara. Mr. Hu ini berani jual barang apa saja dengan harga murah dan siap dikirim dari China.

Nggak heran, @kurawa berpandangan UMKM Indonesia terancam kalau Mr. Hu terus menerus kebanjiran pembeli dari Indonesia.

“Hahaha iya ini yang dinamakan Mr Hu. Jual beli lintas barang2 UMKM lewat batas negara terutama dari tiongkok dibiarkan pemerintah. Jika dumping berjalan terus akan banyak UMKM kita yang akan mati,” tulis akun @kurawa dikutip Rabu 17 Februari 2021.

Untuk itu, akun ini meminta pemerintah jangan diam saja nggak turun tangan, wajib melindungi UMKM lokal Indonesia apalagi saat ini dalam kondisi ekonomi sulit akibat pandemi Covid-19. Dia khawatir, jika sektor riil tidak dilindungi negara maka efeknya kemiskinan akan semakin lebar, walau pemerintah dapat duit dari bea masuknya saja.

Postingan itu mendapat sambutan dari warganet yang beberapa di antaranya adalah pelaku UMKM online. Mereka yang mengeluh Mr. Hu itu heran, kenapa barang yang dikirim Mr. Hu itu ongkos kirimnya murah meski dari China, sudah itu harga barangnya lebih mudah dan kualitasnya lumayan oke dibanding buatan UMKM dalam negeri. Sampai-sampai UKM lokal bingung nggak masuk akal dan bagaimana mengalahkan mereka gitu.

Menjawab keluhan pelaku UMKM online lokal itu, @kurawa menganalisis keunggulan Mr. Hu merupakan keberhasilan China dalam perdagangan internasional.

“Ini strategi lama RRC mensupport produk lokal mereka: efisiensi ditambah dengan politik dumping bisa menguasai negara di manapun di dunia ini.
Kita hanya akan dibuat mikir: gak masuk akal kok bisa yah mereka buat dengan harga segini,”
jawab akun tersebut.

Akun ini menuliskan, strategi yang dilakukan pemerintah mesti memproteksi UMKM lokal dengan regulasi khusus. Pemerintah jangan abaikan kontribusi UMKM, sebab saat resesi ekonmi terjadi pada 1998 dan 2008, UMKM lah yang menyelamatkan roda ekonomi.

“Tahun 1998 dan 2008 saat resesi ekonomi bangsa kita selamat karena roda ekonomi sektor riil dimasyarakat bawah berjalan. Sekarang harus hati-hati sejak Mr Hu menguasai sektor ini,” ujarnya.

Nah topik perbincangan soal Mr Hu ini disambut oleh influencer Dokter Tirta, dokter dan pengusaha juga.

Dokter Tirta senada, agresivitas Mr Hu ini bisa matiin UMKM lokal. Dia mengakui harga yang ditawarkan Mr Hu murah walau kirim lintas negara.

“Dan ini tentu jadi ngebuat UMKM tambah ngos-ngosan,” balas Dokter Tirta.

Sama dengan keluhan dari UMKM lainnya, Dokter Tirta berpendapat gara-gara Mr Hu ini harga barang pernak pernik bisa kian murah dan berasal dari impor, dan pelaku bisnis online Indonesia cuma bisa heran kok bisa murah ya, dan jelas UMKM lokal merana.

Pendapat dari Dokter Tirta ini ditegaskan lagi oleh @Kurawa. Akun ini sampai setengah mengingatkan bahaya Mr. Hu dan Covid-19 sama-sama mengkhawatirkan.

“Jika ini dibiarkan dalam rentang waktu 2-3 bulan kedepan akan banyak bertambah jutaan orang miskin baru di Indonesia. Pemerintah Indonesia harus sadar, Mr Hu lebih sadis dari virus Covid-19 neh,” tulisnya.

Kenapa Mr. Hu berani nggak ngotak harga murah?

Pengirim barang Mr. Hu
Pengirim barang Mr. Hu di paketan belanja daring. Foto Twitter @IzzRaifHarz

Dokter Tirta sempat menjelaskan siapa Mr Hu. Dia adalah seller dari China yang siap mengirim barangnya nyampai ke mana-mana, ke Indonsia, Malaysia Filipina dan lainnya.

“Isinya barang-barang lucu, dan barang kebutuhan hari-hari lah. Harganya sangat murah.Transaksi eceran lintas negara. Ini bahaya buat kelangsungan UMKM kita. Uniknya, Mr Hu ini juga melakukan hal sama di Malaysia, Singapore, dan paling banyak ke Indonesia. Doi jual barang2 macem sapu, bisa murah ga ngotak lah. Tapi ya itu. Alamatnya? Dari luar negrri sob Dia menggerus pasar yg seharusnya komoditi UMKM,” ujar dokter Tirta dalam kicauannya.

Menurutnya Mr Hu cerdik memanfaatkan emosi penikmat belanja online dari Indonesia, yang gampang tergiur dengan tawaran harga murah. Dasar warga Indonesia terbiasa beli barang mudah, asal murah saja, nggak penting buatan mana.

“Salah customer? Yo ora. Secara itu gak customer memilih. Celah ini dimanfaatkan e-commerce dan seller asing,” tulis Dokter Tirta.

Ini dia Mr. Hu

Identitas Mr. Hu
Identitas Mr. Hu. Foto Twitter @allyfelis

Nah kini rasa barangkali rasa penasaran kalian siapa Mr.Hu ini bisa terang setelah warganet mengunggah identitas sosok tersebut.

Ternyata menurut salah satu warganet Mr. Hu itu bukan orang sembarangan lho.

Mr. Hu adalah President China Merchants Group Ltc. Nama lengkapnya yaitu Hu Jinahua, tapi ini versi penelusuran dan deteksi dari warganet lho ya.

Dicek dari alamat pengirim Mr. Hu tersebut, lokasi Shangxue Industrial Park berada di provinsi industrial Shenzen. Hu Jianhua ini menjabat sebagai President China Merchants Group setelah sebelumnya menjabat sebagai Vice Chairman. Mr. Hu ternyata juga anggota direksi dari China Merchants Port Holding.

Rasa penasaran warganet atau penikmat belanja daring itu atas Mr. Hu itu sudah lama lho. Malahan ada yang makin heran lho, nggak peduli belinya dari platform belanja daring apa pun, tiap barang yang dari China kok yang ngirim Mr.Hu.

Warganet dengan akun @halodraco mengunggah pengalaman berbelanja daring dari berbagai platform belanja daring, sama juga yang ngirim adalah Mr. Hu.

Bukan cuma warganet Indoneia saja yang penasaran dengan sosok tersebut.

Pada November tahun lalu, laman Mothership pun menurunkan ulasan soal rasa penasaran penikmat belanja daring atas siapa sih Mr. Hu.

Kala itu, warganet dan penikmat belanja meyakini Mr. Hu itu adalah pengirim atau rekanan Shopee. Alasannya tiap pesanan barang Shoopee yang didatangkan dari China pasti Mr. Hu mengirimnya.

Ada pula yang meyakini, Mr. Hu ini memang penjual dari China yang mengirimkan paket pesanan ke sejumlah negara Asia seperti Singapura, Malaysia, maupun Filipina.

Tapi sebenarnya identitas Mr. Hu itu sudah terungkap oleh laporan Mothership pada November lalu. Berdasarkan penelusuran warganet Malaysia dan Singapura, identitas Mr. Hu sudah terbongkar yakni dia adalah bagian dari China Merchants Group.

Penikmat belanja dari negeri tetangga kala itu meyakini China Merchants Group merupakan rekanan platform belanja daring yang bisnisnya logistik gitu.

Nah ternyata laporan Mothership menunjukkan Mr. Hu itu buka satu-satunya sosok yang kerap mengirimkan paket pesanan ke pembeli daring lho.

Selain Mr. Hu ternyata ada pengirim barang yang namanya Mr. Dongjoo Lee yang beralamat dari Gyeonggi Korea Selatan dan Mr. Chu Wise dari Shanghai China.

Dua nama selain Mr. Hu itu juga kerap menjadi identitas pengirim barang-barang yang dibeli daring.

Hayo Sobat Hopers, menurutmu gimana nih apakah Mr. Hu Covid-19 dampaknya pada Indonesia?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close