Fit

Jangan takut naik pesawat di masa pandemi, ikuti 7 tips simpel ini

Ketika harus naik pesawat, ikuti tips untuk meminialisir penularan virus corona.

Pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga kini. Meski sudah banyak aktivitas yang dilakukan kembali, namun kekhawatiran akan tertular virus corona masih dirasakan sebagian orang. Tak terkecuali bagi mereka yang ingin bepergian naik pesawat terbang.

Perasaan cemas, khawatir atau takut mungkin menjadi hal yang lumrah ketika bepergian naik pesawat di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Enggak cuma bikin mood bagus, ada 7 manfaat lain pelihara kucing

Lantas, bagaimana cara untuk melindungi diri saat harus bepergian menggunakan pesawat terbang di tengah situasi pandemi? Coba ikuti 7 tips naik pesawat berikut ini.

Bawa hand sanitizer

Pastikan untuk selalu membawa hand sanitizer kemana pun kamu pergi. Cairan pembersih tangan ini sangat berguna setelah kamu menyentuh benda-benda yang ada, baik di bandara maupun di dalam pesawat.

Hand sanitizer
Hand sanitizer. Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Simpan hand sanitizer di saku kamu atau di dalam tas, sehingga mudah untuk mengambilnya kapan pun ketika dibutuhkan.

Bawa tisu pembersih

Membawa tisu beralkohol atau tisu pembersih bisa menjadi salah satu langkah pencegahan penularan virus. Gunakan tisu tersebut untuk membersihkan kursi pesawat, meja, benda-benda atau ruangan umum yang ada di sekitar.

Meski pihak maskapai telah melakukan prosedur kebersihan, tidak ada salahnya jika kamu juga membawa peralatan kebersihan pribadi untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

Gunakan kacamata

Memakai kacamata bisa membantu kamu mencegah kebiasaan menyentuh wajah. Kacamata menjadi pengingat untuk tidak menyentuh bagian wajah, terutama mata.

Pilih kursi dekat jendela

Saat pandemi seperti ini, sebaiknya kamu memilih kursi pesawat yang berada di dekat jendela. Pasalnya, saat kamu duduk di kursi dekat lorong pesawat, risiko tertular virus lebih besar, karena lebih sering bersentuhan dengan orang lain.

Selain itu, memilih kursi dekat jendela juga menjadi pilihan yang bagus karena dapat melihat view yang indah dari dalam pesawat.

Kenakan masker

Saat ini, sudah bukan hal yang aneh ketika orang menggunakan masker di tempat umum. Masker diketahui dapat membantu menurunkan risiko penularan virus.

Dengan menggunakan masker, maka kamu dan orang-orang sekitarmu akan lebih merasa aman dari penularan virus.

Perempuan menggunakan masker. Foto: Pixabay
Perempuan menggunakan masker. Foto: Pixabay

Jaga asupan air dalam tubuh

Jangan lupa untuk menyiapkan air yang cukup sebelum terbang dengan pesawat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Jika tubuh kekurangan cairan, hal tersebut akan meningkatkan risiko tertular infeksi virus atau bakteri.

Selain itu, udara kering di dalam kabin pesawat juga akan menyebabkan pengeringan selaput lendir dalam hidung. Maka dari itu, menjaga cairan dalam tubuh adalah hal yang sangat penting.

Patuhi protokol kesehatan

Terakhir, patuhilah protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Beberapa maskapai mewajibkan calon penumpangnya untuk melakukan tes kesehatan sebelum terbang.

Hal ini sebaiknya dipatuhi, karena tujuannya baik yaitu untuk menjaga penumpang dan awak kabin dari paparan virus.

Kemudian, patuhilah protokol kesehatan lain seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang.

Kesehatan tubuh akan terjaga dan risiko tertular virus pun terminimalisir dengan mengikuti beberapa tips aman naik pesawat saat pandemi seperti yang sudah disebutkan. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close