Unik

Jawaban soal jelaskan pengertian ruang: Lengkap dengan interaksi antarruang

Pertanyaan soal jelaskan pengertian ruang memang sering ditanyakan. Pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan arti dari ruang itu sendiri. Ruang adalah tempat permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal. Pengertian itu menurut Nursid Sumaatmadja dalam Studi Geografi: Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan (1981).

Selain itu, ruang juga dapat diartikan lain. Simak artikel berikut untuk lebih mengetahui terkait ruang, mulai dari pengertian hingga bentuknya.

Jelaskan pengertian ruang

Melansir Kompas, Ruang dapat diartikan sebagai wadah dari semua aktivitas manusia, hewan, tumbuhan yang ada di permukaan bumi. Tak hanya sebatas udara yang bersentuhan dengan bumi, namun ruang merupakan lapisan atmosfer terbawah yang dapat mempengaruhi permukaan bumi. Di perairan, ruang adalah laut, sungai, danau, ataupun yang ada di permukaan bumi (air tanah) sampai ke kedalaman tertentu.

Setiap ruang di permukaan bumi ini memiliki ciri khas masing-masing yang membedakannya dengan ruang lain. Namun, setiap ruang saling membutuhkan untuk memenuhi kehidupan hidup makhluk hidup. Perbedaan ciri khas ruang menyebabkan adanya interaksi antarruang.

Beruang kutub di lapisan es Arktik. Foto: Phys
Beruang kutub di lapisan es Arktik. Foto: Phys

Interaksi antarruang adalah suatu cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi juga permasalahannnya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang di sekitarnya. Interaksi antarruang terjadi berupa pergerakan orang, barang, atau informasi dari daerah asal menuju daerah tujuan.

Syarat interaksi antarruang

Syarat terjadinya interaksi antarruang adalah sebagai berikut:

  1. Saling melengkapi (complementarity), kondisi saling melengkapi dalam interaksi antarruang terjadi apabla satu daerah dengan daerah lain menghasilan komoditas yang berbeda.
  2. Kesempatan antara (invervening opportunity), adalah penawaran alternatif, di mana sebuah ruang menawarkan pilihan yang lebih baik dari sebelumnya.
  3. Kemudahan tranfer (transferability), yakni keadaan nyang dapat dipindahkan.

Bentuk interaksi antarruang

Tiga bentuk interaksi antarruang adalah sebagai berikut:

  1. Mobilitas penduduk
    Bentuk interaksi antarruang dalam bentuk pergerakan dan perpindahan manusia dari satu ruang ke ruang lainnya. Contoh: urbanisasi, imigrasi, transmigrasi, perjalanan ke tempat kerja dan lainnya.
  2. Komunikasi
    Bentuk interaksi antarruang melalui perpindahan ide, gagasan, informasi, visi, misi, cita-cita dan sejenisnya baik langsung maupun tidak langsung. Contoh: Melihat tayangan berita, televisi membaca buku dan lainnya.
  3. Transportasi
    Bentuk interaksi antarruang melalui perpindahan barang dari suatu tempat ke tempat lain. Contoh: Pengangkutan barang, perdagangan dan lainnya.
Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close