Trending

Risma diserang, jejak digital kelakar corona yang tak lucu pejabat kita

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terpeleset lidah. Dia bekelakar soal wabah corona. Tentu ini menambah daftar jejak digital kelakar corona yang tak lucu pejabat kita.

Diam-diam Prabowo ingin Indonesia lockdown

Muslima Fest

Awalnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuat pernyataan bahwa Kota Surabaya masuk zona merah wabah virus corona. Sayangnya, pernyataan serius ini ditanggapi Risma dengan candaan.

Saat ditemui oleh sejumlah wartawan di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya Sabtu lalu, Risma sempat terdiam. Setelah beberapa saat, dia berkelakar. “Ya, memang zona merah, karena PDI-P.” Demikian katanya, seperti dikutip dari Kompas.com.

Tentu kelakar Risma ini jadi bahan serangan sejumlah orang. Salah satunya dari politisi Partai Gerindra Fadli Zon.

PDI-P memang selama sepuluh tahun terakhir berkuasa di Surabaya. Risma sendiri merupakan kader PDI-P dan menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Kebudayaan.

Tentu selain risma ada lagi jejak digital kelakar corona yang tak lucu pejabat kita. Berikut daftarnya:

Sertifikat bebas corona

Pada 4 Maret, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah bakal memberlakukan sertifikasi bebas virus corona bagi tiap warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri yang ingin masuk ke Indonesia. Sertifikat ini sebagai bagian pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia.

“Bahkan mungkin juga kita akan menerapkan sertifikasi bebas korona, dan kita juga akan meneliti jejak perjalanan kemana saja dia dan dari mana saja,” kata Ma’ruf, seperti dikutip CNN Indonesia.

Entah serius atau tidak, pernyataan ini menjadi nyingiran warganet. Maklum saja, sebelum menjadi Wapres, Ma’ruf sebagai katua MUI yang punya lembaga pemberi sertifikasi halal.

Kita kebal corona karena doyan nasi kucing

Pada 17 Februari, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkelakar bahwa tidak ditemukannya virus COVID-19 di Indonesia hingga saat ini karena masyarakatnya memiliki kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh itu dimiliki lantaran setiap hari gemar makan nasi kucing.

“Tapi (ini) guyonan sama Pak Presiden ya, insya Allah ya, (virus) COVID-19 tidak masuk ke Indonesia karena setiap hari kita makan nasi kucing, jadi kebal,” kata Budi Karya seperti dikutip Republika.co.id.

Nasi kucing adalah nasi dengan porsi kecil dan lauk yang sangat sederhana seperti sambal ikan teri, telur, tempe dan beragam variasi lainnya. Nasi yang biasa dibungkus dengan daun pisang ini populer di Yogyakarta, Surakarta, dan Semarang.

Nyatanya, pada Sabtu malam 14 Maret, Mensesneg Pratikno mengumumkan Menhub positif terinfeksi virus corona. Menhub langsung dirawat di SDPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Ribka Tjiptaning: korona, komunitas rondo mempesona

Yang ini bercandanya lebih parah. Anggota Komisi IX Ribka Tjiptaning dari Fraksi PDIP yang mengikuti rapat penanganan virus corona pada Senin 3 Februari, malah mengatakan virus corona tak bahaya bagi kesehatan dibanding virus MERS dan SARS. Karena, katanya, yang berbahaya sesungguhnya ‘korona’ yakni komunitas rondo mempesona.

“Itu tadi dijabarkan sama ahli paru itu di Metro TV kalau nggak salah saya lihat. Ini lebih bahaya MERS dan SARS dibanding itu daripada si corona, kecuali komunitas rondo mempesona. Bahaya itu penghuni koronanya itu, sebab hati-hati itu ya kan,” kata Ribka, seperti dikutip Detik.com.

Corona tak masuk Indonesia karena izinnya susah

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membuat bercandaan lamanya proses perizinan di Indonesia. Yang bikin tidak lucu, jokes itu dikaitkan dengan corona yang saat itu, 24 Februari, belum masuk Indonesia.

“Sampai katanya virus korona enggak masuk ke Indonesia karena izinnya susah,” ujarnya, seperti dikutip Okezone.com.

Corona masuk Batam, mobil?

Awalnya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah enggan bicara banyak soal dampak virus corona. Namun, saat ditanya wartawan, Luhut hanya mengatakan virus corona sudah pergi dari Indonesia.

“Corona? Corona kan sudah pergi,” kata Luhut, 10 Februari, seperti dikutip Detik.com.

Luhut sempat ditanya soal adanya suspect yang menjangkit warga di Batam, namun menjawabnya dengan candaan.

“(Corona masuk Batam?) Hah? Mobil Corona?” kata Luhut sambil tersenyum.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close