Trending

Jelang lebaran 9 juta KK dapat uang Rp600 ribu, begini cara dapatnya

Sebanyak 9 juta kepala keluarga (KK) terdampak covid-19 akan mendapatkan bantuan langsung tunai atau BLT dari pemerintah pusat. Bantuan yang diberikan pemerintah pusat jelang lebaran bagi warga terdampak diluar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Besaran bantuan yang akan diterima warga terdampak covid-19 di waktu jelang lebaran, menurut Menteri Sosiaal Juliari Batubara, jumlah besarannya sama seperti yang diterima beberapa warga di Jabodetabek yakni sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga.

“Program bansos yang akan digulirkan pemerintah saat ini akan diberikan kepada warga terdampak diluar Jabodetabek yaitu bansos tunai sebesar Rp600 ribu yang akan diberikan selama 3 bulan. Jumlah penerimanya mencapai 9 juta KK,” ungkap Juliari dalam pressconference secara virtual Jumat 8 Mei 2020.

Sembako disalurkan ke warga. Foto: Ist.
Sembako disalurkan ke warga. Foto: Ist.

Untuk mendapatkan bantuan langsung tunai ini, terang Mensos seperti dilansir Suara.com, masyarakat tidak harus menggunakan data terpadu kesejahteraan sosial. Seluruh penerima bantuan merupakan warga yang telah di data oleh pemerintah daerah setempat. 

“Tidak harus menggunakan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ) sebagai satu-satunya data untuk penerima bansos tunai. Jadi kami sangat berharap daerah dalam hal ini Pemkab dan Pemkot memberikan data yang akurat sehingga bansos tunai ini dapat disalurkan secara tepat,” ucap dia

Bantuan akan disalurkan melalui rekening Bank Himbara sebagai distribusi penyaluran bantuan langsung, namun bagi warga yang tidak memiliki rekening bank, bantuan bisa diambil langsung di kantor pos sesuai dengan jadwal pengambilan yang akan diatur oleh pemerintah daerah.

“Untuk pengambilan di Kantor Pos, nanti nama-nama penerima manfaat ini akan diberikan undangan untuk menentukan jadwal kapan datang ke kantor pos dan mendapatkan uang, serta dicek identitasnya mendapatkan uang tunai Rp 600 ribu,” kata dia.

Penyaluran sembako ke warga. Foto: Pemprov DKI.
Penyaluran sembako ke warga. Foto: Pemprov DKI.

Jumlah penerima bantuan di luar Jabodetabek saat ini terbilang cukup banyak penerimanya, meski demikian pemerintah menargetkan tahap pertama  bantuan bisa tersalurkan hingga 9 Mei dengan total jumlah penerima sebanyak 2,6 juta KK.

Khusus untuk penerima BLT yang disalurkan melalui rekening Bank Himbar, Juliari mengungkap baru ada sekira Rp 471,2 miliar kepada 785 ribu KK atau kurang dari 9 persen dari pagu anggara. Kemudian melalui kantor pos sedang berjalan untuk 1,8 juta KK.

“Kalau yang sudah memiliki rekening di Bank Himbara, akan ditransfer langsung ke rekening di Bank Himbara,” Juliari menambahkan.

Baca juga: Ratusan ribu nasabah BRI dapat uang kaget Rp600 ribu, kok bisa?

Juliari menambahkan, dari target 9 juta KK pihaknya baru mengantongi 7,8 juta Kepala Keluarga (KK).

“Dari target 9 juta KK hari ini, kami belum dapat 100 persen (data) 9 juta KK dari daerah. Yang sudah didapat (data) 7,8 juta KK sehingga masih ada daerah belum mengirimkan data jumlahnya sekitar 1,2 juta KK yang masih kami tunggu dari daerah,” katanya.

Paket sembako dari Kemensos. Foto: Instagram.
Paket sembako dari Kemensos. Foto: Instagram.

Kepala Biro Perencanaan Kementerian Sosial Adhy Karyono, menjelaskan program BST diberikan kepada 9 juta KPM. Hal itu berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Ada dua cara penyaluran. Pertama melalui PT Pos sebanyak 8 juta KPM Transfer top up ke rekening penerima manfaat sebanyak 1 juta KPM. Adhy menambahkan, penerima lewat transfer bank adalah mereka yang sudah melakukan sinkronisasi data DTKS dengan data bank Himbara. Jumlahnya sekitar 5,8 juta KPM. Kemudian, dari hasil pemadanan data, diperoleh rekening yang valid sebanyak 749.948 orang, termasuk di BRI sebanyak 528.144 orang.

Soal banyak yang belum mengetahui dirinya termasuk dalam penerima bantuan, menurut Adhy, sebelumnya sudah ada pemberitahuan. “Sebelumnya pemberitahuan sudah diberikan kepada dinas sosial provinsi dan kabupaten atau kota, juga koordinator BPNT terkait BNBA yang akan dapat top up bantuan,” katanya. Selanjutnya, Kemensos berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia untuk melakukan tagging nama yang sudah masuk daftar Himbara.

Topik

5 Komentar

  1. Assalamualakium.bapak /ibu .nama saya desi yuliawati alamat kp parung dengdek rt 01 /rw 11 no 48 desa wanaherang kec gunung putri bogor .jawa barat indonesia .kode pos 16965.saya ga dapat apa” bantuan dr mana jyga ga dapat .anak saya sekolah anak yatim . Klo emang dapat bantuan dr bri .ini serius tapi bri saya ga ada udah saya cek .nih norek saya .096401004271508

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close