Hobi

Mengenal jenis BBM mobil Mercedes Benz S600 Guard milik Wapres RI 2

Beredarnya video viral terkait mobil dinas VVIP RI 2 yang diduga mengalami kehabisan BBM di wilayah Bogor, Jawa Barat. Disebut Sekretariat Negara bukan karena kehabisan bensin, namun karena BBM yang digunakan merupakan jenis khusus mengingat mobil tersebut kategori VVIP.

Sayangnya Sekretariat Wakil Presiden tidak menyebutkan spesifikasi jenis BBM khusus yang digunakan pada mobil VVIP Wakil Presiden Maruf Amin. Sedangkan BBM yang dituangkan dari jeriken oleh Paspampres disebutkan sebagai BBM jenis khusus.

Mercedes Benz S 600 Guard yang digunakan Wakil Presiden Maruf Amin, diketahui memiliki spesifikasi yang sama dengan yang digunakan Presiden Jokowi dengan nopol RI 1. Meski tingkat keamanannya tidak diketahui pasti. Namun mobil yang dipesan khusus dari Jerman ini, biasanya telah memiliki spesifikasi yang disesuaikan dengan jenis bahan bakar yang ada di Indonesia.

Paspamres saat isi BBM khusus mobil dinas Wapres
Paspamres saat isi BBM khusus mobil dinas Wapres Foto: Istimewa

Menurut Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management MBDI, mobil VVIP yang telah diserahterimakan ke sekretariat negara, memiliki spesifikasi yang telah disesuaikan dengan standar keamanan yang diminta, dan beberapa spesifikasi lain disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Salah satu spesifikasi yang telah disesuaikan pada Mercedes Benz S 600 Guard dengan karakter di Indonesia, salah satunya yakni jenis BBM yang digunakan. Bahwa BBM pada Mercedes Benz S 600 Guard, disesuaikan dengan jenis BBM yang dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Mobil Wapres Ma’ruf Amin kehabisan BBM, SetWapres: BBMnya khusus

“Secara spesifikasi BBM yang digunakan pada mobil VVIP milik Wapres telah disesuaikan dengan spesifiksai BBM yang ada di Indonesia. Sehingga tidak ada jenis BBM khusus yang digunakan pada spesifikasi mobil tersebut,” ungkap Kariyanto saat dihubungi Hops.id, Sabtu 11 Juli 2020.

Mobil Wapres Maruf Amin
Mobil Wapres Maruf Amin Foto: ANtara

Terkait jenis bahan bakar yang bisa digunakan, Kariyanto mengungkap bahwa kita sudah sesuaikan dengan jenis bahan bakar Pertamax Turbo, atau jenis bahan bakar yang memiliki research octan number 98.

Dengan demikian, Kariyanto mengungkap bahan bakar jenis pertamax turbo yang digunakan untuk Mercedes Benz S 600 Guard. Namun tidak diketahui pasti jenis bahan bakar khusus yang dimaksud Sekretariat Wapres yang diisi anggota paspamres ke dalam mobil RI 2.

Mobil dinas Wapres Maruf Amin
Mobil Maruf Amin Foto: Antara

Mobil Wapres Mogok

Mogoknya mobil Mercedes Benz S 600 Guard yang digunakan Wakil Presiden Maruf Amin, tengah viral di media sosial.  Dalam video yang beredar, dinarasikan kejadian berlangsung di salah satu jalan kota Bogor. Namun informasi tersebut masih belum bisa dipastikan tepatnyaa kejadian tersebut berlangsung. Sedangkan habisnya bahan bakar mobil dinas wapres yang tengah digunakan tersebut dibenarkan.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar yang mengatakan telah mengetahui beredarnya video viral tersebut, terkait pengisian bahan bakar mobil wapres menggunakan jeriken di pinggir jalan, dibenarkannya.

“Proses pengisian BBM yang ada dalam video karena jenis bahan bakar yang digunakan pada mobil wapres tersebut tidak ada di SPBU umum. BBM yang digunakan memiliki kriteria khusus untuk mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM,” kata Oemar dalam keterangan resminya Sabtu 11 Juli 2020.

Petugas paspampres dengan sigap mengisi bbm ke mobil dinas wapres tersebut menggunakan jeriken karena mobil tersebut diduga kehabisan bahan bakar saat melakukan perjalanan di kota Bogor.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close