Hobi

Jenis-jenis Aglonema lengkap harga hingga ciri-cirinya

Aglaonema alias aglonema adalah satu dari sekian tanaman hias yang banyak dikoleksi oleh para pecinta tanaman hias yang ada di tanah air. Berikut jenis Aglonema lengkap harga hingga tips menanam biar cepat bercabang dan beranak.

Aglonema sendiri merupakan tanaman yang masih satu famili dengan talas-talasan atau aracaeae, serta kerabat dekat dengan spathipyllum dan philodendron.

Adapun mitos yang beredar di telinga masyarakat Indonesia, tanaman ini kerap disangkut-pautkan dengan julukan sri rezeki yang artinya pembawa rezeki, bahkan dijuluki pula sebagai ratu daun yang paling eksotis.

Tanaman hias Aglonema sendiri memiliki berbagai jenis dan harga yang beragam.

Berikut jenis-jenis Aglonema lengkap harga hingga ciri-cirinya:

Aglaonema Frozen

Aglaonema Frozen. Foto: Ist
Aglaonema Frozen. Foto: Ist

Aglonema frozen biasanya memiliki corak daun yang seakan dingin dan membeku, seperti nama jenisnya, yakni Frozen.

Jenis yang satu ini memiliki corak warna permukaan daun yang didominasi oleh warna hijau dan putih namun sedikit kehijauan, serta pada tulang daunnya berwarna merah muda. Adapun kisaran harga dari Aglaonema Frozen ini mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 450.000.

Aglaonema Bidadari

Untuk jenis aglonema satu ini disebut dengan aglonema Bidadari, karena selaras dengan namanya.

Jenis ini memiliki bentuk dan corak daun yang super cantik dengan warna hijau dan merah muda pada permukaan daunnya. Adapun untuk kisaran harga dari aglonema Bidadari ini mulai dari harga Rp 350.000 – Rp 500.000.

Aglaonema Big Leaf

Aglonema jenis ini di Indonesia biasa disebut sebagai kipas raja. Ciri khasnya memiliki corak warna permukaan daun yang sangat cantik dengan dominasi warna putih yang bersih di hampir seluruh permukaan daunnya.

Adapun kisaran harga dari Aglonema Big Roy ini mulai dari harga Rp 350.000 – Rp 500.000

Aglaonema Cutlass

Aglaonema Cutlass. Foto: Moro Ndeso
Aglaonema Cutlass. Foto: Moro Ndeso

Jenis Cutlass ini memiliki corak warna permukaan daun menyerupai jenis Aglonema Chinese Evergreen, yakni memiliki warna permukaan daun hijau dan silver yang menggoda.

Namun, Aglaonema Cutlass ini memiliki bentuk daun yang lebih memanjang dan melancip dengan lebar yang lebih kecil.

Untuk soal harganya, berada di kisaran mulai dari harga Rp50.000 – Rp150.000.

Aglaonema Donacarmen

Jenis Donacarmen ini bisa dibilang yang paling laku di pasaran karena memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, Aglaonema jenis ini memiliki bentuk dan corak yang sangat cantik yakni warna di tulang daunnya yang kelihatan sangat vokal.

Adapun untuk kisaran harga dari aglonema donacarmen ini mulai dari harga Rp 15.000 – Rp 75.000.

Aglaonema Crispum

Aglaonema Crispum. Foto: Alamendah
Aglaonema Crispum. Foto: Alamendah

Ciri khas dari jenis ini memiliki corak daun yang sangat indah. Siapapun yang melihat jenis Aglaonema satu ini pasti ingin meminangnya.

Makanya, Aglaonema satu ini sangat banyak diburu oleh pecinta tanaman hias.

Jenis Crispum sendiri memiliki corak di permukaan daunnya yang berwarna perpaduan silver dan hijau yang membentuk pola yang sangat cantik. Adapun untuk kisaran harga dari Aglaonema Crispum ini mulai dari harga Rp 20.000 – Rp 50.000.

Aglaonema Butterfly

Berbeda dari jenis lainnya, Aglaonema ini memiliki bentuk daun yang sangat khas, dengan bentuk sedikit lebih panjang dan lancip.

Aglonema kupu-kupu ini memiliki corak warna daun yang indah dengan warna pink yang khas.

Adapun untuk kisaran harga dari jenis yang satu ini mulai dari harga Rp 30.000 – Rp 100.000.

Aglonema Andini

Jenis Andini merupakan salah satu Aglaonema yang paling diburu di pasaran lantaran memiliki paras yang cantik dengan warna merah muda di garis tulang permukaan daunnya, sehingga sangat mencolok dan menggoda mata yang melihatnya.

Adapun untuk kisaran harga dari Aglaonema Andini ini mulai dari harga Rp200.000 – Rp500.000.

Aglaonema Big Roy

Mempunyai corak yang indah dengan perpaduan warna yang cukup beragam pada permukaan daunnya, yakni hijau kuning serta merah muda, aglonema Big Roy juga ramai diburu di pasaran. Soal harga, jenis Big Roy berada di kisaran harga Rp 50.000 – Rp 150.000.

Aglaonema Costatum

Aglaonema Costatum. Foto: Plantsam
Aglaonema Costatum. Foto: Plantsam

Jenis costatum ini memiliki warna yang sangat eksotis dengan dominasi permukaan daun yang berwarna hijau pekat dan bercorak berwarna putih di tengah permukaan daunnya.

Jenis yang jadi salah satu banyak peminatnya ini biasanya dijual dikisaran harga dari aglonema Costatum ini mulai dari harga Rp 15.000 – Rp 50.000.

Aglonema Gajah Mada

Aglonema ini memiliki nama dari tokoh pemersatu nusantara di masa lampau, yang mana dikenal dengan sumpah palapanya yakni Gajah Mada.

Seperti namanya, ciri khas dari jenis ini memiliki rupa yang gagah, yakni memiliki warna permukaan daun yang didominasi warna hijau dan diisi dengan corak berwarna silver.

Adapun untuk kisaran harga dijual cukup mahal, yakni mulai dari harga Rp200.000 – Rp500.000.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close