Hobi

Jenis-jenis alat musik melodis, harmonis, dan ritmis

Alat musik digolongkan jadi tiga jenis berdasarkan fungsinya, yaitu alat musik melodis, harmonis dan ritmis. Nah apa kamu sudah tahu pengertian, jenis, dan contoh dari alat-alat musik melodis, harmonis, dan ritmis ini?

Alat musik melodis adalah alat musik yang menghasilkan nada. Alat musik ini bisa membunyikan melodi dalam lagu secara lengkap. Bunyi yang dihasilkan alat musik melodis ini mengatur nada utama dalam sebuah lagu atau musik.

Alat musik ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Jenis ini dibuat berdasarkan dari cara memainkan alat musik ini.

Sedangkan alat musik harmonis adalah alat musik yang dimainkan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Ciri-cirinya adalah alat musik ini memainkan ciri nada atau lebih secara bersamaan.

Terakhir alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada. Meski begitu, alat musik ritmis berguna untuk mengatur jalannya irama musik. Dengan kata lain, alat musik ritmis adalah alat musik yang dijadikan sebagai pengiring lagu. Contohnya seperti drum dan marakas.

Contoh alat musik melodis

Lantas, Anda tentu penasaran dengan contoh dari alat musik melodis bukan? Ya, salah satunya adalah alat musik yang memainkannya dengan cara dipetik. Anda tentu sudah tidak asing dengan gitar bukan.

Selain gitar, alat musik lain yang dipetik ada ukulele, sasando, kecapi, dan mandolin.

Jika tadi dipetik, ada juga yang dimainkan dengan cara ditiup. Siapa yang suka memainkan pianika? Pianika yang dimainkan dengan cara ditiup juga termasuk alat musik dengan kriteria di atas.

Selain pianika, seruling juga termasuk. Ada juga flute, terompet, dan saxophone.

Beralih kini alat musik yang ditekan. Salah satu yang populernya adalah piano. Kemudian ada juga keyboard, organ, dan akordeon yang juga dimainkan dengan cara ditekan.

Selanjutnya ada juga alat musik getar atau yang digoyang. Alat musik yang dimainkan dengan cara digoyang ini sering dimainkan bersama-sama dalam kelompok. Nah salah satu contohnya adalah angklung. Lalu, ada alat musik yang digesek. Contohnya banyak, tetapi yang paling populer adalah biola.

Biola dimainkan dengan alat gesek yang dibuat dari bahan khusus, namanya bow. Ada lagi, namanya Cello. Contoh yang lainnya, seperti dihisap, ada harmonika. Alat musik ini bisa mengeluarkan suara usai dihisap dan hembusan udara dari pemainnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close