Trending

Orang terkaya di Jepang incar ibu kota baru Kalimantan

Hops.id – Jepang incar Kalimantan lewat pendiri Softbank, yang merupakan orang terkaya di negara itu.

Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk memindah ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Tidak heran jika Kalimantan kemudian dilirik banyak orang untuk investasi, termasuk orang terkaya di Jepang ini.

Masayoshi Son, orang terkaya di Jepang yang adalah pemilik Softbank, telah memberikan kode kepada Presiden Jokowi bahwa dirinya berniat untuk menanamkan investasi di Indonesia, tepatnya di pulau yang akan menjadi ibu kota baru, Kalimantan. Dia mengaku jika Jepang incar kalimantan.

“Kami belum membahas mengenai angka detilnya, tapi kota pintar baru, teknologi kekinian, kota yang bersih dengan banyak artificial intelligence (AI), itu adalah hal-hal yang menarik yang akan saya dukung,” ujar Son, dikutip dari Telegraph.

Sebelumnya, sejumlah investor dari negara lain, seperti Hong Kong dan China, juga telah menawarkan diri dan menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi pada proyek pembangunan ibu kota baru itu. 

Namun ketertarikan Softbank, yang sebelumnya telah berinvestasi di beberapa perusahaan di Indonesia, dipercaya akan membuahkan banyak inovasi di kota tersebut.

Misalnya, Grab. Perusahaan transportasi online yang beroperasi di Indonesia itu pernah mendapatkan suntikan dana US$100 miliar tahun lalu. Sebagian dana itu, atau sekitar US$2 miliar akan digelontorkan ke Indonesia untuk lima tahun ke depan.

Investasi sebesar itu kabarnya akan digunakan untuk mengembangkan layanan tak hanya transportasi online tapi juga fintech.

Kabarnya Softbank juga sudah mengerjakan proyek kota pintar di Jakarta Barat. Dalam waktu dekat, mereka akan menguji coba teknologi yang memudahkan arus lalu lintas di kota tersebut.

Sayangnya, rencana itu muncul saat Softbank mengalami kerugian besar usai WeWork gagal IPO. Kegagalan itu membuat mereka mengalami kerugian besar, untuk pertama kalinya sejak 14 tahun lalu.

Makanya, kemudian startup-startup yang telah mereka suntik dana ditekan agar mulai mendapatkan keuntungan. 

Sayangnya, banyak startup Softbank yang mengalami kerugian. Seperti robot pembuat pizza, Zume yang harus mem-PHK beberapa karyawannya. Begitu juga dengan perusahaan car-sharing Getaround yang melaporkan akan memecat 150 karyawan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close