Hobi

Sangat cepat! Jepang pecahkan rekor internet dengan 319.000Gb/s

Jepang pecahkan rekor internet.

Kecepatan internet paling kencang di dunia, diraih oleh negara Jepang dengan kecepatan mencapai 319 Terabits per detik. NICT menguji kecepatan internet tersebut di laboratorium dengan menggunakan teknologi serat optik yang paling canggih, dikutip dari Vice (21/7/2021).

Sebelumnya, kecepatan tertinggi ada di angka 178 Terabits per detik. Peneliti di National Institute of Information and Communication Technology (NICT) Jepang bisa melampauinya hampir 2 kali lipat, hingga rekor dunia akhirnya terpecahkan.

Tes kecepatan internet itu dilakukan di laboratorium menggunakan teknologi eksperimental kabel serat optik dengan empat inti (core) di dalam kabel ukuran standar.

Biasanya kabel serat optik hanya memakai satu inti dan banyak bahan penutup (silinder kabel / kelongsong) untuk melindungi pergerakan data.

Ilustrasi Jepang Pecahkan Rekor Internet. Foto: Liputan6
Ilustrasi Jepang Pecahkan Rekor Internet. Foto: Liputan6

Di dalam mengukur kecepatan, NICT menggunakan infrastruktur kabel serat optik sepanjang 3.001 km yang sudah dipasang. Infrastruktur yang terpasang juga telah didukung beberapa teknologi yang lain.

Teknologi yang dimaksudkan salah satunya adalah kabel optik. Kabel tersebut terdiri dari empat inti (4-core) yang digadang-gadang dapat mengirimkan data secara cepat dari serat optik satu inti (single-core).

“4-core dengan diameter kelongsong standar menarik untuk adopsi awal serat (space division multiplexing) dengan throughput tinggi, link jarak jauh, karena kompatibel dengan infrastruktur kabel konvensional dan diharapkan memiliki mekanik sebanding dengan serat single-core,” ujar NICT.

Ilustrasi Kecepatan Internet. Foto: WinnetNews
Ilustrasi Kecepatan Internet. Foto: WinnetNews

Kecepatan internet saat ini

Kecepatan internet yang paling kebut saat ini sudah dirasakan oleh masyarakat, yaitu jaringan 5G. Namun kekurangannya, kecepatan tersebut hanya menyentuh 1-10 Giga per detik.

Menurut penjelasan Endgadget, para ahli dapat melakukan transfer data sejauh 1.864 mil (2.999 km) tanpa mengalami degradasi sinyal ataupun kecepatan. Kecepatan ini dikatakan juga didukung tembakan 552 saluran laser di berbagai panjang gelombang untuk mendapatkan kecepatan sangat tinggi.

Meski menakjubkan perlu dipahami kecepatan ini didapat berdasarkan hasil uji di laboratorium. Sehingga masih butuh waktu dan visibilitas pendanaan sampai penelitian ini bisa diaplikasikan ke dunia nyata.

Peneliti NICT meyakini teknologi ini bisa diimplementasikan di jaringan kabel optik internet yang sudah ada buat mempercepat kecepatan internet. Mereka membayangkan teknologi ini bisa menciptakan sesuatu di atas 5G.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close