Trending

Setelah Prabowo, kini Jokowi bantu duit ke istri ajudan Bung Karno

Bantuan mengalir kepada istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno yang saat ini sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat karena retak tulang belakang. Jokowi bantu istri ajudan Bung Karno tersebut.

Setelah kabar dan kondisi janda ajudan Bung Karno tersebar luas, beberapa tokoh mengulurkan bantuan. Kalau awalnya Prabowo Subianto dan Jenderal Andika Perkasa yang merespons kondisi memprihatinkan istri ajudan Bung Karno, Serma Cpn R.Koesno itu, belakangan Presiden Jokowi sampai mantan Presiden Megawati Soekarnoputri menyampaikan bantuan untuk Elizabeth yang berusia 93 tahun.

Baca juga: Bela Bintang Emon, Presiden PKS dan DPR: Orang kritis bernasib buruk

Nah apa saja bentuk bantuan yang diterima Elizabeth dari para tokoh di republik ini?

Jokowi bantu 50 juta

Cucu Elizabeth Koesno, Roland Anziano membenarkan Presiden Jokowi sudah menyampaikan bantuan kepada omanya. Namun bukan secara langsung, tapi melalui utusan dari Staf Kepresidenan yang menjenguk Elizabeth.

Bantuan uang Rp50 juta itu diserahkan ke keluarga Elizabeth pada Minggu 14 Juni 2020 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Keluarga pun menyampaikan terima kasih kepada presiden.

Istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno
Jokowi bantu istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno. Foto Roland Anziano

BPIP sampai Puan Maharani

Bantuan lainnya juga datang dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) serta politikus PDIP, Puan Maharani.

Roland mengungkapkan dari BPIP datang menjenguk dan memberi bantuan yaitu Ketua BPIP Yudian Wahyudi dan Sekretaris Utama BPIP, Karjono. Sedangkan bantuan dari Puan Maharani disampaikan oleh Estu dari Fraksi PDIP DPR. “Mereka juga memberikan bantuan oma Koesno,” tuturnya kepada Hops.

Dievakuasi dengan ambulans RI 1

Sebelumnya Elizabeth dievakuasi dari rumah kontrakannya di Depok, Jawa Barat menggunakan fasilitas kelas wahid. Elizabeth dievakuasi dengan menggunakan ambulans VVIP yang dipakai oleh RI 1 Mercy 1 Presidential Hospital.

Ambulans ini tak sembarangan dipakai lho. Menurut Roland dari keterangan sopir, mobil ambulans RI 1 Mercy 1 biasanya dipakai untuk pasien VVIP.

“Ambulans RI 1 buat jemput oma. Kata driver-nya yang juga anggota TNI bilang, ambulans ini khusus RI 1 dan VVIP khusus bukan buat umum,” jelas Roland kepada Hops, Kamis malam 12 Juni 2020.

Evakuasi istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno
Evakuasi istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno. Foto Roland Anziano

Hidup memprihatinkan

Sebelum viral diberitakan, kehidupan Elizabeth memprihatinkan. Elizabeth hidup menumpang sana sini, tinggal bersama keluarga cucunya di kontrakan di daerah Depok, Jawa Barat.

Untuk mencukupi kebutuhan hidup apalagi setelah Elizabeth jatuh dan tulangnya retak, keluarga terpaksa menjuali barang-barang berharga di rumah yang merupakan peninggalan ajudan Bung Karno.

“Sampai detik ini tidak mempunyai rumah dan sekarang ini kami bertahan hidup jualin barang2 yg ada satu persatu buat bertahan hidup selama pandemi ini,” tulis Roland dalam postingan di Facebooknya.

Sedangkan Roland dan keluarganya tak bisa berbuat banyak untuk mencukupi kebutuhan omanya tersebut. Ronald bekerja sebagai sopir taksi konvensional mengaku makin berat mencukupi kebutuhan omanya dengan adanya pandemi Covid-19. Sebab tiga bulan terakhir ini tak bisa bekerja narik taksi mengingat kondisi PSBB.

Saking susahnya, Roland sampai mengiba memohon bantuan ke berbagai pihak termasuk ke Presiden Jokowi melalui postingan di Facebook.

“Bukan sy mengeluh tapi karena memang Sdh bener2 dlm kondisi yg sangat susah.dan oma habis jatuh bantalan tulang punggung retak dan pecah, tdk bisa dioperasi karna sdh umur,dan diharuskan memakai korset khusus yg sampai pundak,” tulis Ronald.

Tim Kemenhan datangi Elizabeth Koesno
Jokowi bantu istri ajudan Bung Karno Elizabeth Koesno. Foto Instagram @dhaniwirianata

Ronald menyampaikan mengungkapkan omanya jatuh di rumahnya pada Januari lalu. Kemudian beberapa pekan pandemi Covid-19 terjadi.

Dia mengatakan setelah jatuh, keluarga membawanya ke RS Polri Kramat Jati. Namun dokter di sana angkat tangan tak bisa mengoperasi Elizabeth, sebab pertimbangan usianya yang sudah sangat sepuh.

Makanya keluarga kemudian menyiasati kondisi oma Elizabeth dengan menggunakan korset. Praktis selama pandemi ini dengan kondisi yang serba susah tak bisa ke mana-mana, keluarga kesulitan merawat Elizabeth.

“Tulang punggung oma tadinya tegak, terus karena belakangan ini nggak pakai korset, akhirnya tubuh beliau jadi bungkuk dan kesakitan. Puncaknya sakitnya tadi malam tuh, beliau nangis semalaman. Nah kata dokter itu tulangnya saling bergesek jadi sakit,” jelas Roland kepada Hops.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close