Trending

Hingga sore hari ini Jokowi belum umumkan, PPKM level 4 bakal berakhir?

Pemerintah telah menetapkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan Level 4 untuk wilayah Jawa dan Bali sejak 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021. Lantas apakah PPKM bakal berakhir hari ini?

Menjelang pengumuman keputusan PPKM level 4, Presiden Jokowi sempat mewanti-wanti masyarakat agar terus waspada, walaupun kasus COVID-19 menurun dalam sepekan terakhir.

Muslima Fest

Pesan tetap waspada ini disampaikan Jokowi melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers setelah rapat terbatas, pada Senin, 2 Agustus 2021. BOR rumah sakit kini disebut telah menurun.

“Kita bersyukur bahwa kasus konfirmasi di Indonesia sudah menurun demikian juga dengan BOR rumah sakit tekanannya sudah mulai menurun rata-rata 7 hari terakhir ini,” ujar Menkes Budi, dikutip Detik pada Senin, 2 Agustus 2021.

“Bapak presiden menekankan, selain kita bersyukur kita harus tetap waspada,” tegasnya melanjutkan.

Sempat muncul usulan PPKM Level 4 dilanjutkan

Ilustrasi kebijakan PPKM Darurat. Foto: Antara
Ilustrasi kebijakan PPKM Darurat. Foto: Antara

Berdasarkan informasi Detik.com, sejumlah usulan terkait kelanjutan PPKM muncul dalam rapat terbatas yang dipimpin Jokowi pada Senin hari ini.

Usulan ini berupa waktu perpanjangan hingga daerah yang menerapkan PPKM.

Sementara dari segi waktu, setidaknya mengemuka 2 usulan perpanjangan PPKM. Adapun yang pertama, PPKM diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Selanjutnya yang kedua, PPKM diperpanjang hingga 11 Agustus 2021.

Selain itu, muncul juga usulan agar ada penyesuaian daftar daerah yang menerapkan level 3 dan level 4. Beberapa daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah diusulkan naik menjadi level 4, ada pula daerah yang diusulkan turun dari level 4 ke level 3. Sedangkan Jabodetabek disarankan untuk tetap berada di level 4.

Ada 12 Kabupaten/Kota di Jawa Bali yang diusulkan untuk naik dari level 3 ke level 4. Selanjutnya ada 9 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke level 3. Ada pula satu Kabupaten yang turun dari level 2 ke level 1.

Namun tentu usulan ini masih belum final. Keputusan resmi mengenai kelanjutan PPKM level 4 ini akan disampaikan Jokowi malam nanti.

“Keputusan terkait PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI sebelum PPKM tanggal 2 Agustus 2021 berakhir,” kata Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA kepada wartawan, pada Minggu, 1 Agustus 2021 malam.

DKI Jakarta masih tunggu keputusan Jokowi soal Perpanjang atau Tidak PPKM Level 4

Presiden Jokowi. Foto: Antara
Presiden Jokowi. Foto: Antara

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Jakarta Senin (2/8/2021) terakhir. Belum ada pengumuman lebih lanjut apakah regulasi ini akan dilanjutkan atau tidak.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan nasib PPKM akan dilanjutkan atau tidak bakal segera diumumkan Presiden Joko Widodo. Ia meminya masyarakat bersabar dan menunggu keputusannya.

“Saya tidak ingin mendahului, kita tunggu hari ini pak Jokowi akan mengumumkan PPKM Level 4 diperpanjang atau tidak,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, pada Senin, 2 Agustus 2021, mengutip Suara.

Riza memastikan Pemprov DKI bakal mengikuti keputusan yang diambil oleh pemerintah pusat. Jika memang harus diperpanjang, maka ia siap menjalankannya.

“Pemprov nanti akan mengikuti, menyesuaikan kebijakan sesuai dengan kewenangan,” jelasnya.

Nantinya akan ada aturan rincinya soal penerapan PPKM. Mengenai pelonggaran atau pengetatannya, akan diatur dalam regulasi yang dibuat.

“Kalau diperpanjang seperti apa, pelonggaran yang akan diberikan atau pengetatannya seperti apa, kita tunggu saja,” pungkasnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close