Trending

Jokowi gagah pakai baju baduy, netizen ramai komentar begini

Dalam sidang tahunan MPR, Senin 16 Agustus 2021, Presiden Jokowi nampak memilih mengenakan setelah gagah pakaian adat Suku Baduy. Kantor Staf Kepresidenan pun melalui akun Twitternya menjelaskan alasan kuat mengapa Jokowi memilih menggunakan pakaian adat Baduy.

Disebutkan, Presiden memilih pakaian adat tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai adat dan budaya Suku Baduy yang berada di Lebak, Banten.

“Presiden Jokowi memilih menggunakan pakaian adat Suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai adat dan budaya Suku Baduy,” tulis KSP, dikutip Hops, Senin 16 Agustus 2021.

Dalam unggahannya, KSP juga menampilkan infografis tentang pakaian adat Suku Baduy. Infografis itu menjelaskan, pakaian adat Suku Baduy terdiri atas telekung, kutung, beubeur, dan samping aros.

Presiden Jokowi pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI. Foto: Tangkapan Layar
Presiden Jokowi pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI. Foto: Tangkapan Layar

Bukan cuma pakaian adat Baduy, Jokowi juga tampak mengenakan udeng kepala berwarna biru, sendal berwarna hitam, lengkap dengan tas rajut berwarna cokelat. Semakin lengkap dengan masker hitam yang menempel di wajah.

Netizen ramai komentari Jokowi pakai baju baduy

Usai foto Jokowi dengan pakaian adat itu diunggah ke jagat maya, perhatian publik langsung mengarah padanya. Banyak netizen yang mengapresiasi sikap Jokowi yang acap mengenakan baju aat di saat-saat hari besar nasional.

“Presiden Jokowi memang selalu tampil beda. Ini sekaligus menegaskan bahwa negara selalu hadir bagi semua suku, bukan hanya Jawa saja,” komentar akun Jhon Sitorus.

“Baju yang dipakai Presiden Jokowi bikin bangga Suku Baduy, keren!” tulis akun Anurandha.

Senada disampaikan akun NalaR. Menurutnya ada pesan penting dibalik ini. Yakni soal kedisiplinan warga Baduy dalam menerapkan Prokes karena mereka taat sama arahan para tetua mereka.

Walau begitu, ada saja oknum netizen yang menyindir habis Jokowi dengan pakaian adat yang dipakai.

“Kira-kira isi dalam tas Jokowi apa ya?” kata sebuah akun.

Presiden Jokowi saat mengenakan pakaian Baduy. Foto: Antara
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin. Foto: Antara

Begitu juga halnya dengan akun Bandit Merah Putih. “Baduy jualan madu. Badut jualan harga diri bangsa dan radikal radikul,” katanya.

Adapula komentar yang populer di Twitter. Komentar itu nampak merisak aksi Jokowi pakai baju adat Baduy. Adalah akun Pawletariat.

“Jokowi make baju adat Baduy cocok banget, tinggal bawa madu + jongkok di perempatan,” katanya.

Belakangan aksi komentar akun itu langsung ditanggapi banyak komentar. Banyak yang menganggap komentar itu berlebihan.

“Jeleknya orang baduy jualan madu di mana? Jatohnya orang ini rasis enggak sih,” timpal akun Tubirfess.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close