Trending

Seperti militer, Luhut: Jokowi tunjuk saya itu keputusan paling tepat

Koordinator PPKM Level 4, Luhut Pandjaitan menegaskan perpanjangan PPKM sampai pekan depan. Luhut mengatakan struktur penanganan Covid-19 oleh pemerintah sudah baik, dengan Presiden Jokowi sebagai panglima tertinggi perang melawan Covid-19. Luhut mengatakan struktur penanganan Covid-19 ini memang mirip organisasi militer. Jadi Jokowi tunjuk Luhut itu tepat.

Makanya jangan heran, kata Luhut, dia bersama dengan Menteri Airlangga Hartarto diminta oleh panglima tertinggi untuk menjadi komando lapangan atau wilayah.

Jokowi tunjuk Luhut, itu tepat!

Luhut Pandjaitan
Menko Maritim Luhut Pandjaitan. Foto Instagram @luhut.pandjaitan

Luhut Pandjaitan menyampaikan soal struktur penanganan Covid-19 dalam pengumuman perpanjangan PPKM Level 4 sampai 16 Agustus 2021.

Luhut mengatakan langkah Jokowi menunjuk dua komando lapangan penanganan Covid-19 sudah tepat.

“Dengan struktur penanganan saat ini menurut hemat saya, sudah baik. Presiden sebagai panglima tertinggi dalam penanganan ini, saya dan Menko Perekonmian jadi komando wilayah dan lapangan, jadi seperti organisasi di militer juga,” kata Luhut.

Menteri andalan Jokowi itu mengatakan untuk menangani Covid-19 di wilayah Indonesia yang begitu luas, nggak cukup dengan kendali dari panglima tertinggi saja. Makanya seperti di militer, panglima tertinggi dalam operasi dibandu oleh komandan lapangan.

“Tak mungkin satu komando saja untuk semua itu, melihat rentang kendali, maka panglima tertinggi menunjuk Menko Airlangga untuk tangani luar Jawa Bali itu dan saya untuk wilayah Jawa Bali, itu keputusan yang paling tepat,” jelas Luhut dikutip dari kanal Youtube Kemenko Maritim, Senin Agustus 2021.

PPKM Level 4 diperpanjang

Presiden Jokowi. Foto: Antaranews
Presiden Jokowi. Foto: Antaranews

Luhut mengatakan berdasarkan perkembangan penanganan Covid-19 yang siginifikan, angka kasus turun sampai hampir 60 persen, maka Presiden Jokowi mengarahkan untuk perpanjangan PPKLM di berbagai daerah. Luhut menyebutkan ada 26 kota dan kabupaten yang turun dari PPKM Level 4 ke PPKM level 3 dan PPKM Level 2.

“PPKM Level 4, 3, 2 sejak 2 Agustus-9 Agustus menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan, dari data yang didapat penurunan telah terjadi 59,6 persen dari puncak kasus pada 15 Juli 2021, ini momenutum yang cukup baik ini mesti dijaga. Untuk itu atas arahan Presiden maka PPKM Level 4, 3 dan 2 diperpanjang di Jawa Bali sampai 16 Agustus 2021,” jelas Luhut.

Terkait keputusan perpanjangan PPKM Level 4, Luhut mengatakan detailnya akan dituangkan dalam instruksi Mendagri. Dia memastikan peraturan soal perpanjangan PPKM Level 4 ini telah dikomunikasikan dengan cermat dengan berbagai pihak asosiasi mal, perindustrian, sehingga detail pelaksanaan perpanjangan ini sudah disiapkan dengan baik.

Luhut menyampaikan secara umum pelaksaan PPKM Level 4 sudah bagus, kecuali ada dua daerah yang kini menjadi perhatian serius dari pemerintah.

“Penurunan kasus dan perawatan RS terjadi di sejumlah anglomerasi Jawa Bali, kecuali masih ada masalah di Malang Raya dan Bali, maka pemerintah akan intervensi kedua wilayah ini untuk menurunkan laju penambahan kasus. Tim bergerak ke sana dan saya sendiri akan ke dua wilayah itu,” kata Luhut.

Luhut menyampaikan arahan Presiden Jokowi dalam rapat kabinet yang membahas perpanjangan PPKM Level 4.

Sesuai dengan keputusan dalam rapat kabinet, evaluasi PPKM wilayah Jawa Bali akan dilakukan sekali seminggu, sedangkan evaluasi untuk luar Jawa Bali akan dievaluasi sekali dalam dua minggu.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close