Fit

Kabar baik, 10 berita melegakan soal corona: Jepang selesai kembangkan vaksin COVID-19

Di tengah kisruhnya wabah corona, ternyata ada secercah harapan. Beberapa negara mengumumkan kabar baik soal corona, mereka telah menemukan vaksin dan obat dengan melakukan serangkaian penelitian untuk mengatasi wabah corona covid-19.

Sementara itu kabar baik juga tak luput menghiasi pemberitaan dalam negeri. Berikut ini 10 kabar baik soal corona yang berhasil dihimpun tim HOPS, Rabu 25 Maret 2020.

Baca Juga: Belum selesai wabah corona, China laporkan kasus hantavirus

DKI gelontorkan Rp130 miliar untuk antisipasi penyebaran corona

Diketahui dana diambil dari anggaran belanja tidak terduga (BTT) APBD DKI Jakarta. Hal ini tertuang dalam Instruksi Sekretaris Daerah DKI Jakarta Nomor 24 Tahun 2020 tanggal 17 Maret 2020. Pemprov DKI Jakarta mengambil Rp135 miliar dari Rp188 miliar anggaran BTT. Anggaran tersebut digunakan untuk kebutuhan rumah sakit guna mengatasi wabah corona.

Korban PHK dampak corona dapat Rp1 juta per bulan selama tiga bulan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak corona bakal mendapatkan bantuan berupa santunan sekaligus pelatihan.

Ia mengatakan nantinya para pekerja yang terdampak PHK bakal mendapatkan santunan dengan besaran Rp 1 juta per kepala untuk tiga bulan. Santunan dan pelatihan tersebut akan diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek.

Pemerintah RI rencanakan gelar drive-thru tes corona ala Korea

Pemerintah menyatakan sudah punya rencana menggelar drive-thru tes Corona ala Korea Selatan di Indonesia. Dengan adanya drive-thru tes Corona, warga bakal lebih mudah menjangkau tes tersebut.

Juru bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan test kit-nya juga berasal dari Korea. Meski belum ada keterangan lebih rinci. Namun pemerintah memastikan ini bukan wacana.

Hotel Patra Jasa dan RS Pertamina Jakarta Disulap Jadi RS COVID-19

Kementerian BUMN telah menyiapkan RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra Jakarta untuk menampung pasien virus corona (COVID-19).

Hal itu diungkapkan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melalui akun Twitter resminya @basuki_btp. “RS Pertamina Jaya jadi rumah sakit khusus penanganan COVID-19,” tulis Ahok.

Sementara itu, sebelumnya Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga membenarkan jika Kementerian BUMN telah menyiapkan RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra Jasa Jakarta akan menampung pasien dalam pengawasan COVID-19.

UI bagikan hand sanitizer gratis untuk sekolah, RS dan masyarakat

Departemen Kimia Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sejak Senin lalu 16 Maret 2020, mengumpulkan relawan untuk membuat cairan pencuci tangan (hand sanitizer) sebanyak 420 liter setiap hari.

Dilansir laman resmi FKUI, selain dilakukan untuk memenuhi permintaan para pemesan para dokter dan dosen-dosen FKUI sendiri, hand sanitizer ini juga dibagikan secara gratis ke sekolah-sekolah dan rumah sakit yang membutuhkan.

FKUI hanya memberi harga Rp5.000 untuk setiap botol yang berisi 100 ml. Biaya itu hanya untuk mengganti bahan pembuatan beserta kemasannya.

obat virus corona

WHO uji coba 4 obat untuk virus corona

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan sedang meneliti 4 jenis obat yang digadang-gadang bisa mengatasi COVID-19.

Obat anti-virus eksperimental yang dimaksud adalah remdesivir, obat anti-malaria chloroquine dan hydroxychloroquine, lalu kombinasi dua obat HIV Lopinavir dan Ritonavir, Remdesivir yaitu obat antivirus ebola, dan yang terakhir Favipiravir atau avigan, obat anti-flu Jepang.

China laporkan lebih dari 70.000 pemulihan

Lebih dari 70.000 orang di China berhasil sembuh, di mana hampir 59.000 orang terjadi di Hubei, provinsi yang paling terdampak wabah.

Beijing mengklaim mereka bisa menghentikan penyebaran. Indikatornya adalah satu kasus domestik yang diumumkan pada hari Minggu lalu. Klaim tersebut diakui karena serangkaian kebijakan ketat. Salah satunya adalah lockdown Wuhan, kota tempat di mana wabah terdeteksi.

Sepertiga penderita corona di Korea Selatan sembuh

Negeri “Ginseng”, yang menjadi klaster terbesar Asia (9.037 kasus), mengumumkan sepertiga pasien, atau 3.507, dinyatakan sembuh. Kemudian pada Selasa kemarin, Seoul hanya melaporkan 76 kasus harian, 14 hari beruntun mereka mengumumkan di bawah 100 infeksi.

Merujuk data dari Statista, Korea Selatan melakukan tes terhadap lebih dari 316.000 orang pada Minggu, di mana langkah itu jadi titik penting mitigasi.

Jepang Selesai Kembangkan Vaksin Corona, Siap Uji pada Hewan

Perusahaan biofarmasi Jepang, Anges Inc., telah menyelesaikan pengembangan vaksin DNA untuk melawan virus corona baru dan akan segera mulai mengujinya pada hewan. Vaksin itu diproduksi menggunakan virus yang tidak aktif dan dapat diproduksi lebih cepat dari vaksin berbasis protein.

Angnes berjanji akan mengumumkan kolaborasinya dengan universitas itu untuk mengembangkan vaksin virus corona pada 5 April mendatang.

Peneliti kembangkan Plasma dari mantan pasien COVID-19 dapat mengobati pasien baru.

NBC News melaporkan bahwa para peneliti di Universitas Johns Hopkins di Baltimore mengembangkan pengobatan COVID-19 menggunakan plasma orang yang telah pulih dari coronavirus.

Mereka melihat pengambilan antibodi penangkal virus dari darah. Metode perawatan ini sedang diteliti di beberapa negara. Para peneliti tersebut membagikan makalah mereka tentang proses dalam Journal of Clinical Investigation minggu lalu.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close