Hobi

Kaget! Harga Honda Vario di Jepang tembus Rp50 jutaan, kenapa?

Vario merupakan salah satu motor skutik andalan Honda di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan harga saat ini, penjualannya moncer, laris manis bak kacang goreng. Segala diferensiasi yang ditawarkan, membuatnya dicintai para pencinta roda dua di Tanah Air.

Namun kendati digila-gilai orang Indonesia, bukan berarti Vario cuma dijual di Nusantara saja. Sebab motor ini tercatat juga turut dijual di sejumlah negara di Asia. Beberapa di antaranya adalah Thailand, Vietnam, hingga Jepang.

Baca juga: Lawan setimpal Honda HR-V siap tayang, yuk intip spek ngeri Kia Sonet

Nah, ada yang menarik jika bicara Honda Vario yang turut dijual di Jepang. Sebab di sana Honda Vario dijual dengan harga jauh lebih mahal dari banderol Indonesia. Ya, nyaris Rp50 juta. Kok bisa?

Honda Vario produksi AHM. Foto: AHM.
Honda Vario produksi AHM. Foto: AHM.

Dari pantauan, disitat Suara, Honda menjual Vario di Jepang dengan harga 329 ribu Yen atau setara Rp 45 jutaan. Harga tersebut belum termasuk pajak. Jika dihitung dengan pajak, harganya menjadi 361,9 ribu Yen atau setara Rp50 jutaan.

Pertanyaannya, mengapa harga Honda vario di Jepang bisa tembus Rp50 jutaan? Padahal Vario di Indonesia dijual dengan Rp20 jutaan sampai Rp25 jutaan.

Sebabnya ternyata motor tersebut bukan hasil rakitan dari Jepang, melainkan didatangkan dari Thailand.

Yang mendatangkan adalah Endurance, salah satu importir motor Honda yang berada di Jepang. Endurance menjelaskan, kalau harga motor impor dari Thailand bisa lebih murah dibanding motor pasar Jepang.

Honda Click 150. Foto: Honda.
Honda Click 150. Foto: Honda.

Namun Endurance memberikan garansi, serta layanan after sales part yang lengkap dibanding importir lain.

Di Jepang, motor ini diberi nama bukan Vario, melainkan Honda Click 150i. Perbedaaan antara Honda Click 150i dengan Vario 150 versi Indonesia, paling banyak di tampilan.

Misalnya skema warna, lalu Honda Click 150i punya kaliper rem dan sokbreker belakang dan warna merah. Terakhir, Honda Click 150i tidak pakai dudukan pelat nomor depan, karena tidak diwajibkan di Thailand.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close