Fit

Kangen piknik: Ragunan, TMII dan Ancol sudah buka tapi tak lagi sama

Buat warga Ibu Kota yang sudah kangen liburan, good news!. Beberapa tempat hiburan sudah dibuka mulai mulai hari ini, Sabtu, 20 Juni 2020. Setelah beberapa bulan tutup imbas PSBB, Kebun Binatang Ragunan, Ancol dan TMII sudah siap menerima pengunjung.

Demi mencegah penyebaran virus corona, semua tempat publik termasuk lokasi wisata menerapkan protokol kesehatan ketat. Sebelum liburan ke sana, ada beberapa hal yang harus diperhatikan calon pengunjung.

Baca juga: Sultan sejati! Makan di rumah aja Nia Ramadhani pakai asisten pribadi

Ancol batasi jumlah pengunjung

Enggak semua kalangan bisa memasuki kawasan Ancol. Mereka yang dilarang adalah anak-anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil dan orang lanjut usia (lansia) di atas 50 tahun.

Selain itu, pembelian tiket juga harus melalui online untuk mendorong pembayaran non tunai, dikutip dari Suara.com. Tiket bisa dibeli melalui www.ancol.com ataupun mitra penjualan tiket resmi yang bekerjasama dengan Ancol. Tanggal kedatangan dipilih saat kamu membeli tiket online. Serunya, ada diskon selama periode Juni 2020.

Suasana pantai Ancol
Suasana pantai Ancol. Foto: Instagram

Pengunjung sudah bisa mengunjungi kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Seaworld, serta restoran yang berada di dalam area Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort.

Pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37,7 derajat celsius tidak diperbolehkan masuk. Lalu wajib memakai masker dan menjaga jarak fisik 1,5-2 meter di seluruh area.

Jam operasional juga enggak seperti biasanya. Pintu gerbang Utama dan kawasan pantai dibuka mulai pukul 06.00–20.00 WIB, Dunia Fantasi dibuka mulai pukul 10.00– 18.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol dibuka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Ragunan khusus KTP Jakarta

Taman Margasatwa Ragunan membatasi pengunjung hanya seribu orang per hari. “Mulai tanggal 20 Juni, Ragunan kembali dibuka tetapi dibatasi untuk 1.000 orang per hari, khusus hanya untuk warga ber KTP DKI Jakarta, warga di luar DKI belum kita buka,” kata Kepala Unit Operasional, Widodo.

Hingga pukul 6.17 hari ini, sudah ada 451 calon pengunjung yang sudah mendaftar online melalui link di instagram resmi @Ragunanzoo. Jam operasional pun berubah, dari jam 8.00-13.00.

Spesies primata di Bonbin Ragunan
Spesies primata di Bonbin Ragunan. Foto: Instagram

Anak-anak di bawah usia 9 tahun, ibu hamil dan lansia di atas 60 tahun enggak boleh memasuki kebun binatang. Pengujung wajib gunakan masker serta hand sanitizer sendiri, suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,5 derajat celcius, serta tidak sedang batuk dan flu.

“Selama berkunjung, pengunjung tidak boleh bergerombol lebih dari lima orang pada satu titik, diimbau untuk menjaga jarak fisik, tetap menggunakan masker selama di dalam Ragunan,” kata Widodo.

TMII larang interaksi dengan satwa

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII tidak memperbolehkan pengunjung berinteraksi dengan satwa. Tujuannya untuk melindungi manusia dari COVID-19, tapi juga melindungi hewan yang ada di TMII.

“Kan biasanya pengunjung berfoto dengan burung di tangan atau punggung, atau memberi makan ikan, burung, memegang kura-kura. Sementara ini tidak boleh,” ujar Kepala Humas TMII Sahda Silalahi.

Salah satu anjungan di TMIII
Salah satu anjungan di TMIII. Foto: Instagram

Aturan itu dibuat karena fakta hewan di beberapa negara tertular corona dari manusia, baik dari pengunjung atau petugas. Maka, protokol menjaga para satwa juga harus diperhatikan. Para petugas pun harus mencuci tangan dan mengenakan masker ketika menangani satwa.

Setiap hewan juga selalu dikontrol oleh dokter hewan untuk diperiksa kesehatannya. “Kita itu berkala (diberi vaksin), meskipun tanpa pandemi tetap ada pemberian vaksin, kemarin itu kita seperti di-swab, tiap jenis binatang diperiksa, ada dokter hewan,” paparnya.

“Kita sih masih dikatakan sehat, mudah-mudahan tidak ada yang kena, dan masa pandemi ini interaksi dengan hewan tidak diperbolehkan,” tutupnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close