Hot

Kanye West unggah video kencingi piala Grammy, ini alasannya

Rapper asal Amerika, Kanye West, mengunggah video sebuah piala Grammy yang diletakkan di dalam lubang kloset. Piala tersebut kemudian dikencingi oleh seseorang yang diduga adalah West sendiri. Hal ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan warganet. Lantas, apa alasan West melakukan aksinya?

Baca Juga: Dukung UKM selama PSBB, 4 artis tawarkan endorse gratis dan bayar seikhlasnya

Rapper Kanye West Foto: Wikipedia
Rapper Kanye West Foto: Wikipedia

Sebelum mengunggah video tersebut, Kanye West terlebih dahulu mengunggah bukti kontrak dengan sebuah label musik raksasa, Universal. Total ia membagikan 114 cuitan yang berisi muatan dari kontrak.

Dalam cuitannya, West juga menyebut bahwa hak-haknya sebagai seorang seniman “direnggut”.

“Saat kamu menandatangani perjanjian musik, kamu telah menghilangkan hakmu. Tanpa masters, kamu tidak bisa melakukan apapun dengan musikmu. Orang lain mengatur di mana dan kapan musik tersebut dimainkan. Seniman tidak memiliki apapun kecuali ketenaran, touring, dan merch.

Tak hanya itu, suami dari Kim Kardashian tersbeut juga menyatakan bahwa ia hanya menerima sedikit upah dari tour yang dilakoninya.

“Kita sudah terlanjur nyaman tanpa meraih hak-hak kita… mereka membolehkan kami untuk memiliki sedikit uang dari touring, mendapatkan beberapa perhiasan emas, alcohol, wanita, dan nomor palsu yang menjejali ego kami… Tapi kami tidak memiliki master dari lagu kami sendiri,” tulisnya.

Rapper Kanye West Foto: Vanity Fair
Rapper Kanye West Foto: Vanity Fair

Secara keseluruhan, Kanye West memiliki satu tuntutan, yaitu untuk membebaskan seluruh musisi. West pun mendorong para musisi lainnya untuk turut bersuara terkait hal ini.

“Aku harus melihat kontrak semua orang di Universal dan Sony… Aku tidak akan melihat kaumku diperbudak,” tulisnya dalam cuitan lain. “Aku mempertaruhkan nyawaku untuk kaumku.”

West juga mengatakan bahwa ia tidak akan berhenti melakukan aksinya sebelum label musik mengambil tindakan. Ia juga memanggil beberapa nama musisi lain, seperti Bono, Drake, Kendrick Lamar, bahkan Taylor Swift.

Seperti diketahui, West dan Swift sebelumnya santer diisukan berseteru.

Hingga saat ini, video Kanye West mengencingi piala Grammy telah ditonton sebanyak 16.7 juta kali. Ia juga mendapatkan retweet sebanyak 237.8 ribu dan likes sebanyak 541.5 ribu.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close