Trending

Ternyata kapal perang China yang usik RI di Natuna bawa rudal dahsyat pemusnah!

Beberapa waktu lalu kapal perang milik China dikabarkan nekat menerobos masuk wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Usut punya usut, ternyata kapal perang China yang usik RI di Laut Natuna Utara tersebut punya rudal mematikan.

Dikabarkan sebelumnya, enam kapal China masuk ke Laut Natuna lengkap dengan kibaran bendera China hingga membuat nelayan setempat ketakutan.

Bahkan salah satu dari iring-iringan armada kapal China tersebut merupakan kapal perusak atau yang biasa disebut destroyer, dengan jenis Type 052D, Kunming-172.

Kapal perang China, Kunming 172 Type 052D. Foto: Reddit
Kapal perang China, Kunming 172 Type 052D. Foto: Reddit

Menghimpun dari berbagai sumber, kapal perusak Kunming 172 adalah salah satu andalan yang dimiliki Angkatan Laut China.

Sebagaimana yang disematkan dalam julukan ‘Pembunuh Kapal Induk’, Kapal Kunming 172 Type 052D dipercaya memiliki rudal dahsyat yang mampu memusnahkan kapal lainnya.

Kapal perusak Kunming 172 Type 052D sendiri memasuki masa tugas bersama Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) pada 21 Maret 2014 silam.

Kapal perang China di Natuna mampu hancurkan kapal induk!

Memiliki bobot hingga 7.500 ton, kapal perusak Kunming 172 mampu menghancurkan kapal induk.

Setidaknya, ada dua senjata utama yang sangat menakutkan yang dimiliki kapal perusak ini.

Pertama, ialah rudal jarak jauh permukaan-ke-udara HQ-9, yang berfungsi sebagai anti-senjata satelit dan anti-rudal balistik. Dengan hulu ledak seberat 210 kilogram, rudal HQ-9 bisa menghancurkan sasaran sejauh lebih dari 300 kilometer. Kemudian yang kedua dan tak kalah dahsyat, rudal jelajah anti-kapal YJ-18.

Kapal perang China, Kunming 172 Type 052D. Foto: Ships Hub
Kapal perang China, Kunming 172 Type 052D. Foto: Ships Hub

Rudal YJ-18 adalah senjata yang mampu menghancurkan kapal-kapal induk yang besarnya beberapa kali lipat dari kapal perusak Kunming 172. Memiliki hulu ledak mencapai 300 kilogram, kapal ini mampu mencapai sasaran dengan jarak maksimal 540 kilometer.

Pada 2015 silam, kapal perusak Kunming 172 pernah dikerahkan ke Laut China Selatan untuk menghadapi kapal perusak milik Angkatan Laut Amerika Serikat (United States Navy).

Saat itu, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China mendapat informasi bahwa ada kapal perusak militer Amerika Serikat (AS) yang memasuki wilayah China. Kapal perang AS disebut hanya berjarak 12 mil laut (22,2 kilometer) dari kepulauan dan karang milik China.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close