Trending

Intip sistem senjata kapal perang Italia pesanan Prabowo, ada rudal anti kapal selam

Diam-diam Kementerian Pertahanan bakal membelikan TNI AL delapan kapal perang fregat buatan produsen kapal Italia, Fincantieri. Rinciannya 6 kapal fregat kelas FREMM (Fregat european multi-mission) yang dimodernisasi dan dua kapal perang fregat bekas kelas Maestrale beserta logistiknya. Delapan kapal perang Italia ini dinanti-nanti lho.

Pembelian 8 kapal fregat ini jadi perhatian, baik Komisi I DPR maupun pemerhati militer di Indonesia. Nah bagaimana sih profil kapal fregat kelas FREMM dan fregat kelas Maestrale ya?

Fregat FREMM, kapal perang Italia incaran Indonesia

Kapal fregat FREMM
Kapal fregat FREMM. Foto website Fincantieri

Kapal jenis ini merupakan fregat untuk berbagai misi, dibuat oleh perusahaan Italia, Fincantieri berkolaborasi dengan Naval Group. Kolaborasi ini membuat kapal fregat FREMM untuk Angkatan Laut Italia dan Angkatan Laut Prancis.

Namun, dikutip dari laman Navalnews, kapal fregat FREMM yang dibuat Fincantieri lebih kompleks dibanding fregat yang dibikin untuk Angkatan Laut Prancis lho Sobat Hopers.

Apa sih kemampuan kapal fregat FREMM ini? Ternyata kapal jenis ini mampu melakukan misi cakupan luas. Kapal fregat FREMM Ini jadi andalan dalam peperangan anti kapal selam, peperangan anti udara dan anti kapal lho.

Untuk spesifikasi kapal fegat FREMM yang akan dibuat untuk Indonesia sejauh ini belum diketahui sih.

Tapi secara umum spesifikasi kapal fregat FREMM bisa disimak ya guys

Kapal fregat FREMM ini punya bobot 6700 ron dengan panjang bod kapal 144 meter, dan lebar 7,6 meter serta kecepatan tertinggi 27 knot. Kapal jenis ini punya jangakaua 6000 nautical mile.

Kapal perang ini punya bekal sistem persenjataan untuk mendukung misinya lho. Sistem pertahanan udara kapal ini dilengkapi dengan 16 cell rudal Aster 15 dan Aster 30 buatan MBDA.

Rudal Aster merupakan dasar program pertahanan udara angkatan laut dan angkatan darat di Eropa lho. Nah dikutip dari Jakartagreater, Rudal Aster 15 untuk menyerang musuh jarak pendek hingga menengah sedangkan Rudal Aster 30 untuk jarak menengah hingga jauak jauh.

Kedua rudal ini diluncurkan secara vertikal.

Selain itu, kapal fregat FREMM ini dilengkapi dengan dua meriam Leonardo OTO Melara 76/62 mm Davide/Strales, dan sistem senjata meriam remote Leonardo OTO Melara/Oerlikon KBA 25/80 mm.

Kapal ini juga dilengkapi dengan 8 rudal anti kapal jarak jauh dan pertahanan pesisirTeseo\Otomat Mk-2, serta torpedo MU 90 Leonardo B-515/3. Kapal ini juga disediakan dua hangar.

Kapal fregat kelas Maestrale

Kapal fregat kelas Maestrale
Kapal fregat kelas Maestrale. Foto Navalnews

Nah bagaimana dengan dua kapal Maestrale yang dipesan Kementerian Pertahanan.

Untuk informasi ya, kapal fregat kelas Maestrale ini adalah frega kelas ringan dibangun era 1980-an oleh Fincantieri untuk Angkatan Laut Italia.

Kapal kelas ini punya bobot 3040 ton, panjang 123 meter dengan kecepatan maksimum 33 knot. Jangakauan kapal fregat ini mencapai 6000 nautical mile.

Sistem pertahanan kapal ini dilengkapi dengan 4 x TESEO Mk-2 rudal anti kapal dengan dua peluncur, 4 x peluncur rudal udara ke permukaan dan rudal udara ke udara Albatross octuple Aspide SAM.

Selanjutnya punya juga meriam Otobreda 127 mm/54 gun, dan dua meriam Oto Melara Twin 40L70 DARDO CIWS, serta beberapa torpedo gitu lho.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close