Trending

KASAD Dudung kunjungi Papua usai prajuritnya dibunuh, mulai serius basmi KKB?

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengunjungi Jayapura, Papua, pada Selasa, 23 November 2021. Dalam kunjungannya ke Papua, Jenderal Dudung memberikan berbagai arahan kepada prajurit TNI yang berdinas di wilayah rawan.

Jenderal Dudung menjelaskan bahwa personel TNI harus memiliki pandangan yang sama mengenai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Muslima Fest
Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Foto: Ist
Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Foto: Ist

Menurut mantan Pangkostrad ini, KKB sejatinya merupakan kelompok masyarakat yang masih belum memiliki kesepahaman mengenai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh sebab itu, Jederal Dudung mengajak para prajurit TNI agar tidak memandang KKB Papua sebagai musuh. Melainkan saudara setanah air yang belum memiliki pandangan sama.

“Jangan sampai sedikit pun berpikiran bahwa KKB itu adalah musuh kita, mereka saudara kita yang belum paham tentang NKRI,” kata Dudung di Jayapura, mengutip Kompas pada Selasa, 23 November 2021.

Prajurit TNI jangan berpikir sedang ditugaskan berperang!

Jenderal Dudung juga meminta agar para prajurit TNI yang bertugas di wilayah rawan tidak berpikiran bahwa sedang ditugaskan untuk berperang.

Dia pun menegaskan bahwa aparat keamanan yang bertugas hanyalah membantu pemerintah yang gencar melakukan pembangunan.

“Saya sudah sampaikan kepada pasukan yang melaksanakan tugas bahwa tugas di Papua ini bukan tugas untuk melakukan operasi perang, tetapi membantu Polri, membantu pemerintah daerah, untuk memulihkan jalur perekonomian, memulihkan situasi keamanan di sini,” ujar Dudung.

“Khususnya kepada mama Papua dan kaum milenial ini harus kita perhatian, kondisi perekonomian, bagaimana pertumbuhannya, sehingga mereka bisa mandiri dan kaum milenial juga generasi penerus bangsa yang harus kita kawal untuk kejayaan Papua ini,” lanjutnya.

KASAD Jenderal Dudung Abdurachman. Foto: Jawa Pos.
KASAD Jenderal Dudung Abdurachman. Foto: Jawa Pos.

Lebih lanjut Jenderal Dudung menjelaskan niatnya sejak awal, di mana ketika dilantik jadi KASAD, dia memang memprioritaskan untuk mengunjungi tanah Papua.

“Memang saya sudah niat pada saat saya dilantik, prioritas pertama saya akan lihat Papua yang adalah prioritas utama yang saya kunjungi,” imbuhnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close