Hobi

Kawasaki nyeleneh bikin mesin yang ogah dilakukan produsen motor lain

Mesin dua tak kini tak lagi menjadi fokus produsen sepeda motor, asap knalpot yang dihasilkan sebagai emisi tinggi dan bahan bakar boros menjadi masalah utama. Namun produsen Kawasaki, berencana kembali hidupkan motor dengan mesin dua tak.

Kawasaki kabarnya telah bekerja keras untuk menghasilkan mesin dua tak yang modern. Permasalahan asap knalpot dan bahan bakar yang boros yang menjadi permasalahan di mesin dua tak konvensional, diklaim produsen motor asal Jepang ini tak akan ditemui pada mesin hasil pengembangannya.

Secara teknis, Kawasaki seperti dilansir Rushlane memadukan mesin dengan sistem pembakaran dua tak yang dipadukan dengan motor listrik. Sehingga untuk meningkatkan kadar emisi rendah dari sistem pembakaran konvensional dari mesin dua tak, dipadankan dengan teknologi hybrid.

Mesin dua tak Kawasaki
Kawasaki luncurkan mesin dua tak Foto: Rushlane

Tak hanya emisi rendah, mesin dua tak tersebut juga diklaim akan lebih hemat bahan bakar dibanding mesin tak konvensional yang tak menggunakan teknologi hybrid. Sistem kerja hybrid yang digunakan pada mesin dua  tak, akan menjadi pemasok tenaga listrik dari motor penggerak yang digunakan, dengan demikian sistem hybrid yang digunakan bukan paralel.

Dari desain mesin yang terungkap, sektor pacu mesin dua tak Kawasaki diketahui memiliki ukuran katup lebih kecil seperti yang digunakan pada mesin empat tak. Dalam mesin dua langkah standar, ada port di dinding silinder.

Baca juga: Gaya baru pelayanan Mitsubishi ke konsumen, semua butuh sehat

Mesin dua langkah Kawasaki dilengkapi dengan camshaft double overhead. Selain itu yang menjadi kunci dari pengembangan mesin dua tak ini terdapat pada crankshaft cross-plane sebagai ganti crankshaft flat-plane.

Mesin kawasaki
Mesin Kawasaki Foto: Motofan

Dengan sistem tersebut, kinerja mesin akan lebih maksimal karena kedua silinder bekerja secara bersamaan dalam sistem pembakarannya. Sistem kerja mesin tersebut memungkinkan mesin menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Di setiap ujung poros engkol, ada generator listrik, bukan kopling dan gearbox konvensional. Daya akan disimpan dalam baterai kecil atau bahkan beberapa kapasitor super dapat digunakan. Daya akan disuplai ke motor listrik yang menjalankan roda belakang.

Sistem hybrid mesin 2 tak Kawasaki

Kawasaki juga mengklaim bahwa pengembangan mesin hybrid yang dimilikinya saat ini akan memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Jika beberapa teknologi mesin hybrid yang diterapkan hanya memberikan efisiensi bahan bakar hanya 50 persen.

 Produsen asal Jepang ini, berani menjamin jika mesin dua tak yang dikembangkannya tersebut mampu memberikan efisiensi bahan bakar sebanyak 60-70 persen.

Mesin dua tak Kawasaki
Mesin dua tak Kawasaki Foto: Rushlane

Jika itu menjadi suatu kemungkinan, mesin dua langkah baru Kawasaki dapat dinilai setara dengan powertrain sepenuhnya listrik. Motor listrik dapat memiliki efisiensi hingga 95%, tetapi kita juga perlu mempertimbangkan kehilangan energi yang timbul dari pembangkit listrik & distribusi dan pengisian baterai.

Pengembangan mesin dua tak Kawasaki yang tengah dilakukan, diketahui dari pengajuan paten yang tengah dilakukannya di Jepang. Seluruh teknologi dan kinerja teknis yang ada merupakan inovasi mutlak milik Kawasaki, jika mesin tersebut berhasil, produsen yang dikenal ciri khas warna hijau akan menjadi satu-satunya produsen yang memiliki mesin dua tak berteknologi canggih.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close