Hobi

Kawasaki J125 2020 skutik penantang Yamaha Nmax, masuk Indonesia?

Kawasaki J125 merupakan skuter matik yang bisa menjadi penantang terberat bagi Yamaha Nmax yang menjadi penguasa pasar matik badan bongsor di Indonesia. Kawasaki J125 2020 diracik memiliki desian bodi yang sama bongsor seperti Yamaha Nmax dengan banyak kelebihan.

Diantara kelebihannya tersebut Kawasaki J125 2020 dibekali mesin SOHC 4-tak, silinder tunggal, berkapasitas 125cc, berpendingin cairan, menghasilkan kapasitas maksimum 12,8 tenaga kuda pada 8500 rpm dan torsi maksimum. 10,9 Nm pada 7750 rpm. Dilengkapi dengan gearbox otomatis CVT dan sistem injeksi bahan bakar elektronik. lansir Motosaigon Kamis 23 April 2020.

Jika dibandingkan dengan Yamaha Nmax dan Honda PCX yang mengusung mesin kapasitas 150 Cc, Kawasaki J125 memang mengandalkan sektor pacu dengan volume kubikasi mesin yang lebih kecil.  Sebagai catatan, penggunaan mesin kapasitas 125 Cc yang disematkan pada J125, merupakan regulasi yang harus dipatuhi produsen sepeda motor di beberapa negara seperti Eropa.

Kawasaki J125 Foto: ist

Sistem suspensi J125 2020 terdiri dari garpu depan teleskopik 37mm, peredam kejut belakang ganda dengan 5 tingkat penyesuaian. Sementara itu, sistem rem cakram mencakup cakram rem tunggal 260 / 240mm untuk set kaki depan dan belakang. Pada model terbarunya Kawasaki J125 2020 juga dilengkapi dengan sistem ABS standar.

Sistem kontrol pada Kawasaki J125 2020 mencakup layar LCD semi-digital besar, yang menampilkan semua informasi yang diperlukan seperti kecepatan, jarak, bahan bakar. Di tengah trend penggunaan gadget yang cukup tinggi, Kawasaki J125 2020 juga menyediakan soket pengisi daya 12V untuk perangkat ponsel pintar.

Baca Juga: Cegah virus corona, masker racing wanita ini bikin auto ngakak

Sebagai skuter matik badan bongsor, Kawasaki J125 2020 bahkan jika dibandingkan dengan dimensi Yamaha Nmax maupun PCX, terlihat lebih besar. Tentu menjadi nilai lebih pada ruang penyimpanan bagasi yang terdapat di bawah jok.

Kawasaki J125 Foto: ist

Untuk kapasitas bagasi utama, pengendara bisa menyimpan helm full face dan perlengkapan berkendara lainnya di dalam bagasi. Sarung tangan hingga beberapa potong baju yang dipersiapkan selama melakukan perjalanan bisa disimpan di bawah jok sepeda motor.

Kawasaki J125 2020 mempunyai dimensi dengan panjang 2.235 mm, lebar 775 mm, dan tinggi 1.260 mm. Sedangkan tinggi jok Kawasaki J125 setinggi 775 mm. Ground clearance 145 mm, dan wheelbase 1.555 mm.

Peluang Kawasaki J125 lawan Yamaha Nmax

Di pasar global, salah satunya Indonesia, produsen Kawasaki memang dikenal sebagai produsen sepeda motor yang fokus terhadap pengembangan tunggangan sport. Seperti Kawasaki Ninja 250 bermesin dua silinder yang menjadi pembuka jalan Kawasaki di pasar Indonesia.

Hampir tak memiliki jajaran sepeda motor bebek ataupun skuter matik, Kawasaki beberapa tahun belakangan akhirnya mencoba peruntungan dengan meluncurkan skuter matik badan bongsor J125 untuk pasar Eropa dan Jepang. Motor perkotaan ini memang belum dipasarkan untuk beberapa negara di Asia, seperti Thailand, Vietnam maupun Indonesia.

Kawasaki J125 Foto: ist

Namun jika melihat peluangnya di pasar otomotif nasional, skuter matik J125 bisa menjadi pesaing terberat bagi dua model skuter matik badan bongsor yang penjualannya masih dikuasai Yamaha Nmax dan Honda PCX. Meski secara spesifikasi motor ini bisa di upgrade dengan mesin kapasitas 150 Cc seperti pesaingnya.

Kehadiran Kawasaki J125 tentu harus dengan penawaran yang sesuai seperti harga skuter matik badan bongsor yang saat ini berada di kisaran harga Rp30 juta-an. Kawasaki Motor Indonesia saat ini belum mengungkap rencana meluncurkan skuter matik ini ke tanah air, dan masih fokus pada pasar sepeda motor sport dan klasik.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close