Hobi

Gegara rusak ECU, recall Kawasaki ZX-10R merembet beberapa negara

Langkah penarikan kembali atau recall yang dilakukan Kawasaki Motor Corporation yang dilaporkan badan administrasi keselamatan transportasi jalan raya nasional (NHTSA) Amerika Serikat. Berdampak pada langkah yang sama di beberapa negara, salah satunya Vietnam yang melakukan recall Kawasaki ZX-10R akibat adanya kerusakan pada ECU.

Model motor yang bermasalah merupakan Kawasaki ZX-10R yang telah dipasarkan di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, termasuk Vietnam yang kini tengah melakukan kampanye perbaikan model tersebut.

Kawasaki Motors Vietnam Co., Ltd dalam keterangan resminya seperti dikutip Motosaigon menjelaskan kampanye recall merupakan tanggung jawab produsen terhadapa keselamatan pelanggan selalu menjadi prioritas utama.

“kami ingin mengumumkan bahwa produk-produk ini ditarik untuk memperbarui perangkat lunak kontrol ECU, mengganti katup pemasukan udara dan memeriksa bagian-bagian yang relevan di sekitarnya seperti katup penutup, saluran udara dan koneksi kabel,” tulis keterangan tersebut.

Kawasaki Ninja ZX-10R
Kawasaki Ninja ZX-10R Foto: Shutterstock via suara

Kerusakan Ninja ZX-10R yang terjadi di Vietnam memiliki masalah yang sama dengan yang ditemukan lembaga NHTSA di Amerika Serikat dimana sistem program pada ECU bermasalah dan berdampak pada perangkat katup di interntal mesin.

Baca juga: Skema kredit terendah Yamaha NMax, gaji UMR bisa kok

Masalah utama yang terjadi, disebut Kawasaki akan timbul jika pengendara menggunakan fitur quick shifter. Pada kinerja mesin tinggi, berdampak pada rusaknya katup yang bekerja memberikan udara keluar dan masuk di ruang bakar.

Komponen tadi, pada penggunaannya akan mempengaruhi kemampuan motor dalam mengurangi kadar emisi yang dihasilkan oleh mesin. Bahkan risiko terburuknya menurut Kawasaki bisa menyebabkan motor terbakar.

Kawasaki Ninja ZX-10R
Kawasaki Ninja ZX-10R Foto: Motosaigon

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kawasaki akan melakukan program ulang pada perangkat ECU yang menjadi sumber dari kinerja katup pada mesin. Program terbaru akan dilakukan agar kinerja katup menjadi normal dari kelemahan yang telah ditemukan.

Tak hanya itu, perangkat katup yang digunakan saat ini juga akan diganti dengan katup baru. Namun tidak dijelaskan secara detil perubahan ataupun jenis katup terbaru yang akan dipasangkan pada Ninja ZX-10R.

Kawasaki Vietnam sendiri tidak mengungkap model Ninja ZX-10R yang terkena kampanye perbaikan, seperti yang dilakukan Kawasaki di Amerika Serikat. Model yang terkena recall di negeri Paman Sam tersebut terdiri dari model:

Berikut daftar model ZX-10R yang terdampak:

2019-2020 Kawasaki Ninja ZX-10R

2019-2020 Kawasaki Ninja ZX-10R ABS

2019-2020 Kawasaki Ninja ZX-10RT ABS KRT Edition

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close